Iklan dempo dalam berita

6 Ciri Dabbah, Hewan yang Kemunculannya Disebut Sebagai Pertanda Hari Kiamat

6 Ciri Dabbah, Hewan yang Kemunculannya Disebut Sebagai Pertanda Hari Kiamat

6 Ciri Dabbah, Hewan yang Kemunculannya Disebut Sebagai Pertanda Hari Kiamat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sosok Dabbah yang muncul sebagai tanda kedatangan hari kiamat dijelaskan dalam sebuah hadits yang diambil dari buku “Huru-Hara Hari Kiamat” karya Ibnu Katsir. Diwariskan dari Abdullah bin Amr, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari barat dan munculnya binatang melata (Dabbah) menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi.” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

BACA JUGA:Sosok Hewan Akhir Zaman, Hewan Melata Pembawa Pesan Kiamat

Selain itu, kemunculan Dabbah yang dikatakan sebagai hewan melata juga disinggung dalam Al-Qur’an surat An-Naml ayat 82, Allah SWT berfirman:

وَإِذَا وَقَعَ ٱلْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَآبَّةً مِّنَ ٱلْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ ٱلنَّاسَ كَانُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Artinya: “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi (Dabbah) yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (QS An-Naml: 82).

BACA JUGA:Salah Satu Tanda Kiamat, Seperti Ini Kondisi Kabah Kelak Menjelang Hari Akhir

Lokasi kemunculan Dabbah

Ustaz Khalilurrahman El-Mahfani dalam sumber sebelumnya menulis bahwa binatang Dabbah akan keluar dari Makkah. Diduga hewan ini akan keluar dari bukit Shafa dan ada juga yang disugestikan dari bukit Marwah.

Berdasarkan atsar sahabat, Ibnu Abbas RA mengatakan bahwa Dabbah muncul dari salah satu lembah Tuhamah. 

Sementara itu, Abu Hurairah, Ibnu ‘Amr, Ibnu Umar dan Aisyah RA mengatakan bahwa Dabbah muncul di Ajyah, yaitu di Makkah. Diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA, Nabi SAW pernah menunjukkan kepadanya di mana Dabbah akan muncul, yaitu di Qibal Ash-Syaq yang terletak di bukit Shafa.

BACA JUGA:Sudah Tampak, 7 Fenomena Alam Ini Menjadi Tanda Kiamat Sudah Dekat Menurut Islam

Tidak ada informasi tentang umur panjang Dabbah di bumi yang tidak ditemukan dalam hadits atau atsaar para sahabat. 

Meski begitu, kedatangan Dabbah sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an pasti akan menjadi keajaiban Allah SWT yang Dia lakukan sebagai tanda besar hari kiamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: