Iklan dempo dalam berita

8 Faktor yang Menyebabkan Telapak Kaki Pecah-Pecah dan Cara Mengobatinya Cukup Gunakan 7 Bumbu Dapur Ini

8 Faktor yang Menyebabkan Telapak Kaki Pecah-Pecah dan Cara Mengobatinya Cukup Gunakan 7 Bumbu Dapur Ini

Kulit telapak kaki kasar dan pecah-pecah juga bisa teratasi dengan baking soda--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kaki pecah-pecah mungkin bukanlah suatau masalah yang serius, tetapi bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat bertelanjang kaki. Kaki pecah-pecah dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak karena kondisi kaki yang sangat kering.

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Kulit Telapak kaki Pecah, Nomor 5 Gunakan Masker Pisang dan Madu

Sejumlah faktor bisa jadi penyebab kaki pecah-pecah, di antaranya:

- Dehidrasi

Kulit dehidrasi alias kekurangan cairan bisa memicu tumit pecah-pecah. Sebab, ketika kelembapan berkurang, kulit akan mengeras dan menebal untuk melindungi dirinya.

- Tinggal di Daerah yang Terlalu Lembap atau Panas

Umumnya, penyebab telapak kaki pecah-pecah dikaitkan dengan penurunan kadar minyak di permukaan kulit. Kondisi ini salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya tinggal di daerah yang terlalu lembap atau terpapar sinar matahari langsung secara intens. 

- Iritasi

Iritasi akibat penggunaan sabun detergen atau air dalam waktu lama dapat mengurangi kelembapan kulit sehingga menyebabkan telapak kaki pecah-pecah. Kondisi ini kian diperparah dengan perawatan kulit yang kurang mendukung. 

- Infeksi Jamur

Apabila kaki terinfeksi jamur, segera lakukan pengobatan. Pasalnya, infeksi jamur pada kaki yang tidak diobati dengan baik bisa menyebabkan gejala kaki pecah-pecah.

- Kurang Nutrisi Tertentu

Kulit kaki retak bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi tertentu. Nutrisi yang dimaksud, misalnya vitamin A, vitamin E, asam lemak omega-3, dan zinc.

- Penuaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: