Iklan dempo dalam berita

Harga Rp269 juta, Bagaimana Fitur Mobil Listrik Wuling Cloud EV dan Air EV

Harga Rp269 juta, Bagaimana Fitur Mobil Listrik Wuling Cloud EV dan Air EV

Wuling Cloud EV bisa menjangkau jarak 360 km (37,9 kWh) hingga 460 km (50,6 kWh)--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Wuling Cloud EV, mobil EV asal China, telah resmi didaftarkan masuk Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Ham RI. Perlu diketahui, Wuling Cloud EV telah memperkenalkan diri secara global sejak pada 10 Agustus 2023 dan didaftarkan atas nama SAIC-GM-Wuling Automobile Co.,Ltd dengan nomor permohonan DID2023081672.

BACA JUGA:Animo Masyarakat Tinggi, Wuling Luncurkan Mobil Listrik Wuling Binguo EV yang Dilengkapi Fitur Cruise Control

Di China, Wuling Cloud EV dijual dengan harga mulai dari 95.800 yuan sampai dengan 123.800 yuan. Kalau dirupiahkan kira-kira sekitar Rp 208 jutaan sampai 269 jutaan. Di bagian interiornya, Wuling Cloud EV memiliki interior dua warna yang dilengkapi dengan panel instrumen LCD persegi panjang 8,8 inci. Layar hiburannya dibuat mengambang dengan ukuran 15,6 inci.

BACA JUGA:Buat Pemula Jangan Panik Ketika Setir Mobil Anda Terkunci, Ikuti 3 Cara Anti Ribet dan Gampang Berikut

Wuling Cloud EV mendukung pengisian daya lambat dan cepat. Dengan pengisian daya cepat, Wuling Cloud EV bisa dicas dari 30-80 persen dalam waktu 30 menit.Dari segi tampilan, Wuling Cloud EV mengadopsi desain bertumpuk, mirip dengan awan di langit.

Mobil ini pakai gaya desain atap mengambang (floating roof) dan gagang pintu tersembunyi. Terdapat sunroof yang memberikan cahaya alami ke kabin. Di bagian belakang, spoiler ducktail di bagian atas menambah kesan sporty. Mobil ini menggunakan velg aluminium berukuran 18 inci.

BACA JUGA:Daripada Keluar Uang Banyak, Begini Cara Merawat AC Mobil agar Tetap Awet

Wuling Cloud EV dibekali motor yang menghasilkan tenaga 100 kW dengan torsi maksimal 200 Nm. Ada dua versi baterai lithium iron phosphate, yaitu 37,9 kWh dan 50,6 kWh. Sekali ngecas sampai penuh, Wuling Cloud EV bisa menjangkau jarak 360 km (37,9 kWh) hingga 460 km (50,6 kWh).

Wuling Cloud EV merupakan model pertama yang dilengkapi dengan sistem LingOS 2.0. Konfigurasi standar lainnya termasuk pengenalan/interaksi suara, kendali jarak jauh melalui aplikasi, adaptive cruise control, dan sistem audio 6 speaker.

BACA JUGA:Tidak Perlu Panik Pintu Mobil Terkunci dari Dalam, Ini Ada Cara Mudah Membukanya

Trim kelas atas menyediakan konfigurasi lanjutan termasuk lampu ambient 256 warna, pengisian daya nirkabel, dan pintu belakang elektrik.Selain itu, tipe tertingginya mengadopsi desain kursi "cloud sofa", dan kursi belakang dapat disesuaikan pada sudut 135 derajat untuk berubah menjadi 'cloud bed'.  

Terdapat 18 ruang penyimpanan di seluruh mobil. Ruang bagasi resminya 382 liter dan bisa mencapai 1.707 liter setelah jok belakang dilipat.

Perbandingan dengan Wuling Air EV

Kelebihan Wuling Air ev  adalah menawarkan proses pengisian daya baterai yang mudah dan cepat. Hal ini karena mobil listrik mini tersebut dilengkapi dengan fitur easy charging yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan pengisian daya dengan cepat dan mudah.

Tidak hanya itu, mobil ini juga disebut sebagai easy home charging karena dapat Anda di rumah dengan syarat memiliki daya listrik yang sesuai.

BACA JUGA:Singkirkan City Car Hybrid, Mobil Listrik Maxus MIFA 9 MPV Segmen Premium Tampil di GIIAS 2023

Selain unggul dalam kelebihan charger yang mudah, mobil ini juga menawarkan kelebihan lain berupa biaya perawatan dan biaya operasional yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mobil berdimensi besar. Hal ini karena komponen mobil mini tidak sekomplek dengan mobil besar.

Tidak hanya itu, jika menggunakan mobil Wuling Air ev, Anda juga tidak perlu memikirkan biaya untuk membeli bahan bakar. Hal ini karena Wuling Air ev menggunakan sumber tenaga listrik yang bisa diisi ulang. Selain itu, mobil listrik juga lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan emisi.

BACA JUGA:GIIAS 2023, KIA Luncurkan Mobil Listrik SUV EV9 yang Penuh dengan Fitur dan Teknologi Canggih

Meskipun termasuk dalam mobil listrik mini, akan tetapi Wuling Air ev dibekali dengan fitur teknologi easy smart mobility yang tidak kalah canggih dengan mobil besar. Salah satunya adalah dengan disematkannya fitur pintar berupa IoV dan WIND.

Teknologi IoV ini memungkinkan pengguna mobil Wuling Air ev untuk memiliki konektivitas dengan kendaraan melalui koneksi internet. Dengan begitu, pengguna mobil mampu mengontrol kendaraan menggunakan perintah melalui smartphone.

BACA JUGA:Belum Punya Mobil Listrik? Berikut Harga Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia, Ada di Bawah Rp 200 Juta

Teknologi IoV ini dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan berbagai fitur seperti navigasi online, Bluetooth, wireless mirrorlink, pesan online, geo fencing, vehicle positioning dan perintah mendengarkan musik favorit.

Tidak hanya itu, teknologi IoV juga bisa memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuka dan mengunci pintu mobil, menyalakan dan mematikan mesin kendaraan hingga mengontrol AC. Sedangkan WIND merupakan teknologi perintah suara yang memungkinkan pengguna mobil Wuling Air ev untuk mengoperasikan berbagai fitur menggunakan perintah suara dalam bahasa Indonesia.

BACA JUGA:Sebelum Beli Mobil Listrik, Anda Wajib Tahu Hal-hal Berikut agar Tidak Menyesal

Berbagai fitur yang ada pada mobil mini ini dapat dioperasikan dengan teknologi WIND antara lain seperti mengakses aplikasi online, mendengarkan musik, menelepon, memutar stasiun radio, mengatur volume, membuka jendela, mengoperasikan sunroof, menyalakan AC dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk mengaktifkan perintah suara Anda hanya perlu menekan pada tombol voice command yang ada di sisi kiri kemudi kemudian ucapkan “Halo Wuling” sebagai kata kuncinya.

Wuling Air ev memiliki dimensi compact yang diperkirakan memiliki panjang sekitar 2.917 mm, lebar 1.493 mm dan tinggi 1.621mm serta jarak sumbu roda 1940 mm. Ukuran mobil compact yang kecil mampu membuat Wuling Air ev lebih mudah dan gesit untuk diajak bermanuver di jalanan.  

BACA JUGA:Biaya Service Mobil Hybrid di Klaim Lebih Murah, Cara Perawatan Tidak Jauh Beda dengan Mobil Konvensional

Tidak hanya itu, ukuran yang mini juga memungkinkan mobil Wuling mampu melewati jalanan sempit hingga jalanan macet dengan lebih mudah. Bentuknya yang kecil dan ramping juga memudahkan pengguna untuk mendapatkan tempat parkir yang pas.

(Khaidir Aruf)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: