Iklan dempo dalam berita

Menolak Kemajuan Zaman, 13 Suku di Indonesia Masih Tinggal di Hutan, Ada yang Tinggal di Atas Pohon

Menolak Kemajuan Zaman, 13 Suku di Indonesia Masih Tinggal di Hutan, Ada yang Tinggal di Atas Pohon

13 suku di Indonesia yang masih bertahan di dalam hutan--

Suku Anak Dalam tinggal di Provinsi Jambi, mereka juga dikenal dengan suku Kubu, dan menyebar di hutan-hutan wilayah sana. Kehidupannya yang primitif dan jauh dari peradaban adalah karakteristiknya. 

Suku ini pun masih hidup nomaden atau berpindah-pindah, bahkan sistem kepercayaan yang mereka anut pun masih sangat kuno. 

BACA JUGA:Indonesia Kaya, Ada 11 Suku yang Paling Terkenal, Kamu Masuk Suku Mana?

Disebutkan jika suku anak dalam masih menyembah dewa atau roh dari para leluhur.

Namun kini keberadaan suku tersebut juga terancam, bersamaan dengan meningkatnya pembangunan perusahaan di hutan-hutan Sumatera. Banyak dari anggota suku yang kemudian harus meninggalkan kampung halamannya akibat dari perkembangan industri di sana.

4. Suku Mentawai di Sumatra Barat

Suku ini termasuk ke dalam kategori suku kuno, karena sejarah munculnya suku ini masih diperdebatkan oleh para sejarawan. Suku Mentawai menetap di Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat dan Utara. 

Berbagai pendapat muncul terkait asal usulnya, ada yang mengatakan bahwa suku ini berasal dari bangsa polinesia. Ada juga yang menilai bahwa suku ini berasal dari Melayu Tua. 

Namun kini Suku Mentawai mengalami penurunan jumlah, hal ini disebabkan oleh budaya-budaya tradisional yang mulai ditinggalkan oleh generasi penerus.

BACA JUGA:Kaum Hawa Hati-hati, Begini Cara Memastikan Tidak Ada Kamera Tersembunyi di Kamar Mandi dan Kamar Ganti

5. Suku Samin (Blora, Pati, Bojonegoro)

Suku Samin merupakan suku pedalaman di Indonesia yang terasing dan terancam kepunahannya. Suku Samin tersebar di daerah Blora, Pati dan sebagian wilayah Bojonegoro. 

Suku Samin atau yang juga disebut wong rikep ini memilih tinggal di tengah hutan di kawasan pegunungan Kendeng, dan menjauhkan diri dari keramaian masyarakat. 

Penolakan terhadap pemerintah pada suku ini bermula dari sikap pendahulunya Samin Surosinteko yang menentang keras sikap kapitalisme dan materialisme pemerintah Belanda.

6. Suku Polahi (Gorontalo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: