Iklan dempo dalam berita

Peran Penting Body Language saat Public Speaking, Hindari 6 Hal Berikut, Terutama Mengabaikan Audiens

Peran Penting Body Language saat Public Speaking, Hindari 6 Hal Berikut, Terutama Mengabaikan Audiens

Ada beberapa body language yang harus Anda hindari--

BACA JUGA:Tidak Perlu Grogi Lagi, Ini 7 Tips dan Trik Bicara di Depan Banyak Orang

4. Gelisah dan Gugup 

Ketika berhadapan dengan kerumunan, Anda sering kali diliputi gelisah dan rasa tidak tenang. Ingatlah bahwa perasaan ini adalah reaksi wajar. Namun, jika kegelisahan dan ketegangan tersebut berlebihan, bahasa tubuh Anda dapat menyiratkan ketidakpastian, sehingga Anda sering melakukan Gerakan yang tidak diperlukan yang dapat membuat turunnya rasa percaya diri.

Agar menghindari hal ini, Anda dapat melakukan Latihan berbicara di depan cermin atau dengan teman sebelum presentasi. Selain itu, bernafas dalam-dalam dan menerapkan teknik relaksasi juga dapat membantu mengurangi gugup dan memampukan Anda tampil dengan keyakinan di hadapan pendengar.

BACA JUGA:Lagi Presentasi, Hindari 6 Hal Ini Ketika Public Speaking Agar Maksud dan Tujuanmu Sampai ke Audiens

5. Mengabaikan Ekspresi Wajah 

Salah satu hal penting dalam berkomunikasi adalah ekspresi wajah. Terlepas dari seberapa jelas Anda menyampaikan pesan secara verbal, jika ekspresi wajah Anda tidak sesuai, orang yang mendengar mungkin akan bingung atau kehilangan minat pada Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mengendalikan ekspresi wajah Anda, tetaplah tersenyum dan perhatikanlah ekspresi wajah yang relevan dengan pesan yang ingin Anda sampaikan agar Anda dapat menjalin hubungan emosional yang lebih baik dengan para audiens yang mendengar.

BACA JUGA:Gugup saat Bicara Depan Orang Bayak Hal yang Normal, Ini 10 Tips Menghilangkan Grogi

6. Mengabaikan Audiens

Mengabaikan penonton Anda adalah hal yang paling tidak boleh dilakukan. Jangan pernah menghindar dari penonton Anda, kecuali Anda ingin kehilangan mereka ketika Anda sedang presentasi. Memalingkan wajah akan memberi tahu audiens bahwa Anda tidak terlalu peduli dengan mereka. 

Dan, ini akan menciptakan kesan bahwa Anda kurang sopan terhadap mereka. Pastikan Anda mengingat catatan yang anda presentasikan di slide atau sekedar melirik sebentar slide yang sedang ditampilkan. 

BACA JUGA:Kenapa 8 Kalimat ini Dilarang Keras Keluar dari Mulut Anda saat Public Speaking

Ajak berbicara penonton Anda. Penonton Anda perlu melihat wajah, mata, dan mulut Anda jika mereka ingin berinteraksi dengan Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin melihat ke layar, maka pindahkan perhatian mereka ke slide dan tunjukkan. Anda dapat menggunakan laser pointer untuk membantu Anda dalam situasi ini.

Itulah beberapa hal yang harus Anda hindari Ketika Public speaking. Ketika berbicara di depan umum, kesalahan dalam body language dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pesan yang ingin disampaikan kepada audiens Anda.

Dari postur tubuh yang buruk hingga kurangnya kontak mata, kesalahan-kesalahan ini bisa menghalangi kemampuan Anda dalam memengaruhi, menginspirasi, dan memotivasi orang lain saat presentasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: