Iklan dempo dalam berita

Kuasai 6 Jenis Public Speaking Berdasarkan Tujuan ini, Dijamin Anda akan Terampil dan Mahir

Kuasai 6 Jenis Public Speaking Berdasarkan Tujuan ini, Dijamin Anda akan Terampil dan Mahir

Terdapat berbagai jenis public speaking yang perlu Anda ketahui--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Public speaking adalah kemampuan berbicara di depan umum dengan tujuan menyampaikan pesan atau informasi kepada audiens. Kemampuan ini sangat penting dalam berbagai bidang dan memiliki peran yang besar dalam kehidupan profesional maupun pribadi seseorang. 

BACA JUGA:Gugup saat Bicara Depan Orang Bayak Hal yang Normal, Ini 10 Tips Menghilangkan Grogi

Terdapat berbagai jenis public speaking yang perlu Anda ketahui, baik untuk meningkatkan keterampilan berbicara Anda maupun untuk memahami berbagai konteks dalam situasi pembicaraan publik. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis public speaking yang perlu dipahami.

BACA JUGA:Tidak Perlu Grogi Lagi, Ini 7 Tips dan Trik Bicara di Depan Banyak Orang

Public Speaking Berdasarkan Tujuan

1. Informative Speaking

Dalam dunia speaking, jenis pertama yang akan anda temukan adalah speaking informatif. Biasanya, anda akan melakukan jenis percakapan ini setiap hari. 

Informatif speaking ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang lain agar mereka mengerti. Untuk memperkuat sebuah informasi yang disampaikan, informatif speaking sering kali menggunakan data dan literatur yang valid. Contoh dari informative speaking adalah presentasi bisnis, pengenalan produk/jasa, guru memberikan materi, berbicara pada forum bisnis.

BACA JUGA:Jika Grogi atau Tidak Siap Berpidato, Ikuti Cara Abu Nawas Ini

2. Persuasive Speaking

Persuasive Speaking adalah salah satu jenis public speaking yang bertujuan untuk mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Jenis pidato ini dapat digunakan dengan tujuan untuk mengambil tindakan atau hanya sekadar mengundang pemahaman. Contoh dari persuasive speaking adalah pidato politik, kampanye, review produk.

BACA JUGA:8 Keuntungan Jika Ketrampilan Public Speaking Terus Dilatih, Selain Percaya Diri, Juga Meningkatkan Karier

3.  Speaking to Entertain

Entertain Speaking adalah sebuah bentuk komunikasi yang memiliki tujuan untuk menghibur para peserta. Speaking ini menawarkan gaya komunikasi yang sangat fleksibel dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada pada saat itu. Biasanya, jenis komunikasi ini dapat ditemui ketika menonton acara hiburan di televisi, seperti talkshow, stand up comedy, dan program serupa lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: