Iklan dempo dalam berita

9 Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Rupanya Duduk Terlalu Lama Rentan Menyebabkan Sakit Jantung

9 Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Rupanya Duduk Terlalu Lama Rentan Menyebabkan Sakit Jantung

Cara yang dapat dilakukan untuk menghindari terkena penyakit jantung--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jantung merupakan organ vital yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini tentunya berfungsi untuk menunjang kelangsungan hidup bagi manusia.

BACA JUGA:Gak hanya Wangi, Daun Kemangi Punya Segudang Manfaat, Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Jika sering mendengar dokter menganjurkan untuk rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal, menjalani pola makan sehat, dan tidak merokok.

Hal ini karena beberapa langkah tersebut merupakan metode yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA:Jaga Berat Badan Anak, Berikut Risiko Obesitas, Salah Satunya Memicu Penyakit Jantung

Namun, selain itu ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan jantung. Seperti berikut ini :

1. Hindari duduk terlalu lama

Seharian duduk menghadap komputer tidak hanya membuat badan terasa pegal, tapi juga dapat menurunkan kesehatan jantung. Pasalnya, duduk terlalu lama bisa menyebabkan penggumpalan darah yang bisa memperburuk sirkulasi darah pada tubuh.

Jika memang tuntutan untuk bekerja dengan posisi duduk, jangan lupa untuk melakukan gerakan peregangan di kantor atau di rumah. Selain itu, cara lain untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa dicoba adalah memilih naik tangga ketimbang elevator dan berjalan kaki menyusuri halaman rumah atau koridor kantor. Dengan begitu, badan tetap aktif bergerak meskipun harus bekerja.

BACA JUGA:Masih Banyak yang Belum Tahu, Ini Beberapa Penyebab Sakit Jantung, Cegah Sebelum Terjadi

2. Batasi konsumsi makanan asin

Makanan asin dan gurih memang nikmat, tapi jika berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), ini merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan risiko penyakit jantung. Saat tekanan darah tinggi, kerja jantung dalam memompa darah akan semakin berat dan ini bisa mengganggu kesehatan jantung.

Batas asupan garam (natrium) per hari untuk orang berusia 19-49 tahun adalah 1.500 mg, maka kurangi konsumsi garam dengan membatasi penggunaan garam  pada saat memasak. Selain itu, batasi juga konsumsi makanan tinggi garam yang sudah dikemas, seperti daging sapi asap, snack, dan junk food.

Agar masakan tetap sedap, maka garam juga bisa diganti dengan rempah sehat, seperti bawang putih, bawang merah, atau lada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: