Iklan dempo dalam berita

Jalan Kaki 10.000 Langkah per Hari, Ini Manfaatnya Bagi Tubuh dan Tips Mudah Melakukannya

Jalan Kaki 10.000 Langkah per Hari, Ini Manfaatnya Bagi Tubuh dan Tips Mudah Melakukannya

Jalan Kaki 10.000 Langkah per Hari, Ini Manfaatnya Bagi Tubuh dan Tips Mudah Melakukannya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Manfaat jalan kaki untuk kesehatan sangat besar. Anda pun tak perlu berolahraga jalan kaki sebanyak 10.000 langkah per hari untuk mendapatkan manfaat tersebut. Dilansir dari Kompas.com, jumlah langkah kaki yang sehat dan paling baik adalah 10.000 langkah per hari. 

 Namun, banyaknya langkah yang dilakukan saat melakukan olahraga jalan kaki ternyata tergantung dari aktivitas yang dimiliki. Menurut Healthline, orang dewasa yang aktif cenderung memiliki 4.000 hingga 18.000 langkah setiap hari, dan 10.000 langkah adalah jumlah yang ideal untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Jumlah langkah per hari juga dipengaruhi oleh tingkat aktivitas yang dilakukan, seperti apakah Anda lebih sering duduk dan berapa lama waktu olahraga yang dilakukan setiap hari. Misalnya, Anda yang lebih sering duduk dan jarang berolahraga dikategorikan memiliki aktivitas ringan. 

BACA JUGA:Manfaat Jalan Kaki Agar Panjang Umur, Berapa Langkah dalam Sehari? Ini Ulasannya

 Sebaliknya, Anda yang memiliki pekerjaan yang menuntut Anda lebih sering berjalan atau berolahraga masuk ke dalam kategori sedikit aktif. Kategori aktivitas yang dimilili sesuai dengan jumlah langkah setiap hari, yakni:  

- Aktivitas dasar: di bawah 2.500 langkah 

- Aktivitas sangat sedikit: 2.500 hingga 4.999 langkah 

- Aktivitas ringan: 5.000 hingga 7.499 langkah 

- Sedikit aktif: 7.500 hingga 9.999 langkah 

- Aktif: 10.000 hingga 12.499 langkah 

- Sangat aktif: lebih dari 12.500 langkah 

BACA JUGA:Turunkan Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Rahasianya, Bisa Turun 2,7 Kg Dalam Hitungan Minggu

Meskipun begitu, Anda diimbau untuk berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah sehari untuk menjaga kesehatan secara umum. Namun, bukan berarti jika jumlah langkah kurang dari itu Anda tidak bisa mendapatkan manfaat jalan kaki. Menurut Kementerian Kesehatan, jalan kaki sebanyak 7.500 langkah sehari juga sudah cukup untuk menurunkan beberapa risiko penyakit kronis, seperti diabetes, hipertensi, dan depresi. Tentunya, manfaat lebih besar bisa dirasakan jika Anda lebih aktif bergerak. 

Menurut Medical News Today, menambah langkah secara bertahap terbukti efektif memberikan manfaat untuk kesehatan. Anda yang berjalan kaki 8.000 langkah per hari memiliki risiko 51 persen lebih kecil untuk mengalami kematian dini. Sedangkan Anda yang berjalan kaki 12.000 langkah sehari memiliki risiko 65 persen lebih kecil untuk mengalami kematian dini. Meskipun masing-masing orang memiliki tingkat aktivitas yang berbeda, Anda tetap diimbau untuk menambah jumlah langkah kaki yang dilakukan secara bertahap untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar. 

BACA JUGA:Berapa Lama Jalan Kaki dalam Sehari Agar Tubuh Sehat dan Prima? Ini Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: