Iklan dempo dalam berita

6 Tips Plus Doa ini Bikin Peluang Kamu untuk Lulus SNBP, Persiapkan Dari Sekarang

6 Tips Plus Doa ini Bikin Peluang Kamu untuk Lulus SNBP, Persiapkan Dari Sekarang

6 Tips dan Trik Lulus SNBP --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – SNBP, atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, adalah sebuah proses seleksi yang menggunakan sistem undangan. Dalam proses ini, anda hanya bisa mengisi PDSS, melakukan verifikasi, dan mendaftar. Seleksi sendiri dilakukan berdasarkan peringkat yang diberikan oleh panitia. 

BACA JUGA:Kampus dengan Jurusan Biologi Terbaik, Universitas Indonesia Nomor Berapa?

Jika anda ikut mendaftar pada SNBP maka ada tips dan trick yang dapat anda coba untuk meningkatkan peluang anda untuk lulus. Meskipun SNBP terbilang seleksi yang cukup sistematis, trik-trik ini seringkali kurang disadari oleh para siswa.

BACA JUGA:Ada Rencana Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi, Berikut Ini Rekomendasi Kampus Terbaik

Karena itu, dalam kesempatan ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai beberapa trik agar bisa lulus SNBP dengan sukses. 

1. Tingkatkan Grafik Rapot

Proses seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP) mengandalkan sistem nilai rapot di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Kemudian, panitia akan menyusun peringkat dan bobot berdasarkan sistem ini. 

Jika nilai kalian terus meningkat dari semester awal hingga ujian nasional (UN), kemungkinan besar kalian akan lulus meskipun rata-rata nilai kalian lebih rendah ketimbang teman-teman kalian. Hal yang paling penting adalah meningkatkan nilai dari awal sekolah hingga lulus. Inilah prasyarat yang sangat penting untuk anda bisa lulus.

BACA JUGA:Mau Kuliah Jurusan Manajemen, 5 Universitas Ini Punya Fakultas Manajemen Terbaik di Indonesia

2. Memilih Jurusan Rendah Peminat.

Anda disarankan untuk terlebih dahulu mengecek informasi dari sekolah atau melihat data mengenai jurusan dan program studi yang tidak dipilih oleh teman-teman Anda. 

Jika Anda memilih jurusan yang tidak banyak dipilih oleh teman sekelas, kemungkinan besar Anda akan memiliki peluang lulus yang lebih tinggi. Persentase kelulusan dipengaruhi oleh akreditasi sekolah Anda. Jika sekolah Anda memiliki akreditasi A, sekitar 75% dari siswa yang mengikuti Seleksi akan diterima. 

Hal ini berarti pemilihan mahasiswa baru didasarkan pada kuota setiap jurusan. Pastikan Anda memilih jurusan yang memiliki sedikit peminat namun memiliki prospek yang baik di masa depan.

BACA JUGA:Versi Edurank 2023, Berikut Jurusan Ekonomi Terbaik di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: