Gubernur akan Evaluasi Tambang dan Kebun Penyebab Banjir

Gubernur akan Evaluasi Tambang dan Kebun Penyebab Banjir

Gubernur akan Evaluasi Tambang dan Kebun Penyebab Banjir --

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah membentuk tim penanganan dan penanggulangan banjir, dampak cuaca ekstrem yang terjadi sejak Minggu sore.

BACA JUGA:Air Belum Surut, Warga Tidur di Mesjid

Ada 2 tim yang dibentuk, 1 tim dipimpin Gubernur Rohidin Mersyah, meninjau titik banjir salah satunya di Kabupaten Bengkulu Tengah, sekaligus memberikan bantuan kepada korban terdampak. Bantuan ini 1,6 ton yang terdiri dari beras, gula dan tepung terigu. Lalu tim kedua, menelusuri penyebab banjir di hulu sungai.

“Nantinya jika hasil penelusuran memang ada aktivitas tambang dan perkebunan yang berdampak banjir, pasti akan langsung dievaluasi,” jelas Gubernur.

BACA JUGA:Ruas Jalan Kawasan Danau Dendam Macet Parah

Tim kedua menelusuri penyebab banjir ke hulu sungai. Tim ini dipimpin Sekprov Bengkulu Hamka Sabri, ikut juga Asisten 2 Setda Provinsi Fachriza Razie, BPJN Bengkulu, BPDAS, BKSDA, Inspektur tambang dan OPD terkait.

Dijelaskan Sekprov Bengkulu Hamka Sabri, rombongan menelusuri dari sungai Rindu Hati hingga ke hulu. Memantau aktivitas pertambangan dan perkebunan di sekitar sungai yang ikut memberikan dampak terhadap bencana banjir. Seperti dari PT Ratu Samban Mining.

BACA JUGA:Gubernur Pantau dan Antarkan Langsung Bantuan ke Warga Terdampak Banjir

Lalu mengecek automatic weather system atau pengukuran cuaca di lapangan Desa Rindu Hati.

“Hasil penelusuran akan menjadi bahan evaluasi, serta dasar perencanaan strategis penanggunlangan dan antisipasi banjir di Bengkulu,” tutup Hamka.

Siska Harliana

Sumber: