Iklan RBTV Dalam Berita

Honda Air Blade 160 2024, Skutik Agresif dengan Rangka Underbone

Honda Air Blade 160 2024, Skutik Agresif dengan Rangka Underbone

Rangka underbone juga dikenal karena daya tahan yang baik--

Rangka underbone memang dirancang dengan karakteristik tertentu yang membedakannya dari jenis rangka lainnya. Rasa stabil dari rangka ini membuat pengendara semakin nyaman.  

Hal ini disebabkan karena rangka underbone memiliki bentuk yang melengkung ke bawah dan mengelilingi mesin yang berimbas pada distribusi berat kendaraan menjadi rata.

BACA JUGA:Buat Pecinta Matic, Berikut 3 Motor Matic Keluaran Yamaha di Tahun 2024

Kelebihan rangka underbone

Ada beberapa kelebihan yang membuat rangka underbone tetap populer di kalangan pengendara sepeda motor dan masih banyak pabrikan motor yang masih menggunakan rangka jenis ini.

  • Lebih murah

Rangka underbone adalah pilihan yang efisien dari segi biaya, sehingga membuat harga sepeda motor menjadi lebih murah. Dari segi bahan yang digunakan serta biaya produksinya yang relatif lebih murah.  

  • Lebih tahan lama

Rangka underbone juga dikenal karena daya tahan yang baik. Hal ini didasarkan pada bahan yang digunakan untuk membuat rangka underbone yaitu pipa dari besi baja. Ditambah lagi, belum ada kasus rangka underbone mengalami keropos kemudian patah seperti kasus pada rangka eSAF.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Mobil Hybrid Termurah di Tahun 2024, Ada yang Rp200 Jutaan

Perbedaan dengan rangka eSAF

Salah satu yang sering dibicarakan imbas dari kasus di atas yaitu mengenai perbedaan rangka underbone dengan rangka eSAF. Lantas, apa saja perbedaan dari keduanya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa perbedaannya.

Biaya produksi dan perawatan:

  • Rangka underbone umumnya lebih terjangkau dalam hal biaya produksi dan perawatan. Besi baja yang digunakan cenderung lebih murah daripada material yang digunakan dalam rangka eSAF namun diklaim lebih kuat.
  • Sementara biaya produksi dan perawatan untuk rangka eSAF cenderung lebih mahal. hal ini disebabkan oleh material yang lebih canggih dan proses produksinya yang lebih rumit.

Desain dan konstruksi:

  • Rangka underbone memiliki desain yang lebih sederhana dan ringkas. Biasanya terbuat dari besi baja dan memiliki bentuk yang melengkung ke bawah, mengelilingi mesin sepeda motor.  
  • Sedangkan rangka eSAF dirancang dengan lebih kompleks dan terbuat dari plat baja yang di-press kemudian dilas dengan teknologi laser welding.

BACA JUGA:Siap Sambut All New Toyota Fortuner Hybrid 2024, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Kinerja:

  • Rangka underbone lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari dan perjalanan jarak menengah. Rangka ini menawarkan kenyamanan dan stabilitas dalam berkendara.
  • Sedangkan rangka eSAF dirancang oleh Honda untuk kinerja tinggi, seperti akselerasi yang cepat dan manuver yang tajam. Oleh karena itu, motor honda yang menggunakan rangka jenis ini diklaim lebih lincah.

Kepopuleran:

  • Rangka underbone umumnya lebih populer di pasar sepeda motor sehari-hari di berbagai negara, terutama di Asia Tenggara.
  • Sementara itu, rangka eSAF untuk penggunaan motor sehari-hari hanya digunakan oleh Honda saja. Hal tersebut membuat rangka ini masih kurang populer digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: