Pemberhentian Sekdes di Lebong Diduga Unprosedur

Pemberhentian Sekdes di Lebong Diduga Unprosedur

Pemberhentian Sekdes di Lebong Diduga Unprosedur--

LEBONG, RBTVCAMKOHA.COM - Pemerintah Desa Ketenong I Kecamatan Pinang Belapis menjadi sorotan lantaran pemberhentian terhadap Sekdes dan Bendaharanya yang diduga tidak taat prosedur.

Yunatan Hadi Sunoto selaku Sekdes Ketenong I diberhentikan secara sepihak oleh Kadesnya, begitu juga dengan Bendahara Desa.

BACA JUGA:Tidak Lulus PPS Kaur, Orang Tua ini Beberkan Oknum Diduga Pungli

Tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, Pemerintah Desa menerbitkan SK Pengangkatan Hengki sebagai Sekdes dan Arzon Mupi sebagai Bendahara Desa yang baru.

Hal ini dibenarkan Kabid Pemdes Dinas PMD Kabupaten Lebong, Heru Dana Putra yang mendapat laporan dari salah satu warga Desa Ketenong I. Dirinya mengaku kaget karena sampai saat ini belum menerima pemberitahuan ataupun rekomendasi dari Camat soal pergantian tersebut.

BACA JUGA:Keluar Jalur, Sepeda Motor Terjun Bebas ke Jurang di Desa Aur Ringit Kaur

"Pemberhentian itu justru saya terima informasi dari warganya bukan perangkatnya, sampai saat ini belum ada pemberitahuan resmi," kata Heru.

Secara rinci, Heru menjelaskan mekanisme pemberhentian perangkat desa itu wajib berdasarkan rekomendasi kecamatan. Pemerintah desa menyurati kecamatan terkait permasalahan yang dihadapi perangkat yang akan diganti, kemudian kecamatan memberikan rekomendasi untuk pelaksanaan pergantian.

BACA JUGA:Napak Tilas di Rumah Bung Karno, Ini yang Dilakukan Menteri BUMN

"Itu wajib (rekomendasi,red)," lanjut Heru.

Sementara itu, Camat Pinang Belapis, Yesik Peres saat dihubungi memastikan dirinya tidak pernah menandatangani rekomendasi pemberhentian perangkat desa Ketenong 1. Namun, dirinya membenarkan ada informasi pergantian yang dimaksud dan saat ini sedang ditelusuri.

BACA JUGA:Kecelakaan, Anggota PPS Asal Ujan Mas Gagal Dilantik

"Kita sudah mendapat informasi, tapi saya belum tahu pasti apakah ada ditandatangani Sekcam atau tidak nanti kita telusuri dulu," kata Yesik.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, Kades Ketenong I, Zulkarnain belum berhasil dikonfirmasi.

Robi Ardiansyah

Sumber: