Iklan dempo dalam berita

Meteran PLN akan Diganti Smart Meter AMI, Apa Itu dan Apa Keunggulannya?

Meteran PLN akan Diganti Smart Meter AMI, Apa Itu dan Apa Keunggulannya?

Meteran PLN akan Diganti Smart Meter AMI, Apa Itu dan Apa Keunggulannya?--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - PT PLN (Persero) melakukan berbagai transformasi melalui inovasi demi meningkatkan pelayanan terkait tenaga listrik, salah satunya adalah implementasi smart meter berbasis advanced metering infrastructure (AMI). Beberapa keunggulan smart meter AMI bisa didapatkan pengguna.

Smart meter AMI adalah alat pengukur penggunaan listrik yang dilengkapi sistem komunikasi digital canggih, akurat dan berkualitas. Menurut Dirut PLN, Darmawan Prasodjo, implementasi alat ini bisa meningkatkan kenyamanan pelanggan listrik PLN.

BACA JUGA:5 Cara Mudah Tambah Daya Listrik di Rumah Lewat Kantor PLN, via Online juga Bisa

Penggunaan smart meter AMI juga membuat pola layanan lebih fleksibel karena pelanggan bebas memilih layanan pascabayar atau prabayar. Selain itu, PLN dapat mempercepat recovery time apabila terjadi gangguan listrik dikarenakan dapat terdeteksi oleh sistem secara realtime.

Melalui penggunaan smart meter AMI, lanjut Darmawan, pembacaan meter yang sebelumnya dilakukan secara manual (door to door) oleh petugas, kini bisa dilakukan secara digital, sehingga lebih akurat serta privasi pelanggan akan lebih terjaga.

BACA JUGA:Penting bagi Pelanggan PLN, Ini Penyebab Sering Gagal Isi Token Listrik

Dengan begitu, petugas hanya akan datang ke rumah pelanggan untuk melakukan pemeliharaan atau pengecekan fisik apabila ditemukan data anomali atau gangguan pada media komunikasi dan smart meter.

Pada akhir tahun 2023, ditargetkan program ini akan dilaksanakan bagi 1.217.256 pelanggan secara bertahap dan mencakup beberapa daerah seperti di Jawa Timur (Sidoarjo), Jawa Tengah (Magelang), Jawa Barat (Bandung), Jakarta, Banten, Bali, Medan, dan Makassar mulai bulan Juni 2023.

BACA JUGA:Tagihan Listrik Bengkak, Salah Satu Sebabnya Sering Buka Tutup Kulkas, Ini Cara Komplain Resmi ke PLN

PLN sendiri saat ini sudah memulai penelitian dan uji coba smart meter AMI ke pelanggan di sejumlah lokasi. Jumlah pelanggan yang sudah menggunakan smart meter berbasis AMI hingga saat ini sudah sebanyak 103.615 pelanggan.

Menurut Darmawan, sejumlah negara yang sudah menerapkan smart meter AMI terbukti mampu menghemat penggunaan energi dan menekan biaya operasional untuk pengecekan meter secara langsung.

BACA JUGA:Tarif Listrik PLN Terbaru Oktober-Desember 2023 Ditetapkan Pemerintah, Cek Daftarnya

Di Austria misalnya, penerapan AMI tercatat mampu menghemat energi hingga 55% dan menghemat biaya operasional hingga 19%. Sementara Belanda mampu menghemat 15% energi, dan menekan biaya operasional hingga 15%.

Berikut adalah beberapa keunggulan Smart Meter AMI:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: