Iklan dempo dalam berita

Smart Meter AMI Bakal Jadi Pengganti Meteran Listrik Konvensional, Apakah Tagihan Berubah?

Smart Meter AMI Bakal Jadi Pengganti Meteran Listrik Konvensional, Apakah Tagihan Berubah?

Smart Meter AMI Bakal Jadi Pengganti Meteran Listrik Konvensional--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Perusahaan Listrik Negara (PLN) mulai mengaplikasikan penggunaan Smart Meter Advance Metering Infrastructure (AMI). Alat tersebut menggantikan penggunaan meteran listrik atau Kwh meter konvensional yang selama digunakan pelanggan.

Direktur Utama (Dirut) PLN, Darmawan mengatakan penggunaan Smart Meter AMI mempunyai banyak keunggulan jika dibandingkan Kwh meter lama. Pasalnya Smart Meter AMI bisa mengumpulkan informasi penggunaan atau konsumsi listrik pelanggan secara otomatis.

BACA JUGA:Smart Meter AMI, Ini Manfaatnya Untuk Pelanggan, PLN dan Pemerintah

Informasi penggunaan itulah yang nantinya yang akan digunakan PLN untuk menentukan berapa jumlah tagihan listrik yang harus dibayar pelanggan setiap bulannya.

Beberapa daerah yang akan menjadi penerapan Smart Meter AMI secara bertahap adalah Sidoarjo Jawa Timur Magelang Jawa Tengah, Bandung, Jawa Barat, Makassar Sulawesi Selatan, Banten, Bali dan Jakarta.

Beberapa keunggulan Smart Meter AMI dibanding Kwh meter konvensional antara lain, pelanggan bisa memilih layanan pascabayar maupun prabayar. Jika ada gangguan listrik, PLN bisa lebih cepat mendeteksi dan selanjutnya melakukan perbaikan.

BACA JUGA:PLN Bakal Ganti Meteran Konvensional ke Smart Meter AMI, Apakah Lebih Irit?

Penggunaan Smart Meter AMI juga membuat tidak lagi diperlukan petugas yang mendatangi rumah pelanggan untuk melakukan pencatatan jumlah pemakaian. Pasalnya besarnya penggunaan listrik dilakukan secara otomatis.

Smart Meter AMI juga berfungsi untuk, Pertama, melakukan pencatatan otomatis pemakaian pelanggan. Kedua, otomasi penutupan operasi pelanggan jika pelanggan melakukan penunggakan. Ketiga, integrasi dengan system billing dan payment PLN dan PGN.

BACA JUGA:Peralihan Meteran Listrik Konvensional ke Smart Meter AMI, Begini Cara Pasangnya

Ada banyak manfaat lain yang ditawarkan oleh meteran listrik AMI, dan tidak hanya untuk pelanggan tetapi juga untuk pemerintah serta PLN sendiri.

Manfaat Smart Meter AMI untuk Pelanggan

1. Pembacaan meter secara digital sehingga privasi pelanggan lebih terjaga

2. Bisa memonitor penggunaan listrik secara realtime menggunakan aplikasi PLN Mobile

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: