Iklan dempo dalam berita

Cek Sekarang, Bansos PKH Periode Desember 2023 Sudah Cair, Inilah Kriteria Komponen Penerimanya

Cek Sekarang, Bansos PKH Periode Desember 2023 Sudah Cair, Inilah Kriteria Komponen Penerimanya

Bansos PKH Periode Desember 2023 Sudah Cair--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Penyaluran sejumlah Bantuan Sosial atau Bansos sudah banyak dicairkan oleh Pemerintah pada bulan Desember 2023 ini. Salah satunya Bansos PKH yang sudah cair kembali hari ini 20 Desember 2023. 

BACA JUGA:Hari Ini Bansos BLT El Nino Rp400 ribu Cair Masuk Rekening, Begini Cara Cek Penerimanya

Maka dari itu, masyarakat harus melakukan pengecekan terkait Bantuan Sosial (Bansos) PKH 2023 yang dicairkan oleh Pemerintah. Bantuan sosial PKH 2023 ini merupakan salah satu upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Dengan itu, Bansos PKH 2023 ini diperuntukan untuk masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi. Untuk pencairannya sendiri disalurkan melalui bank himbara salah satunya Mandiri dan BRI. Adapun besaran bantuan PKH yang akan diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) beragam di sesuaikan dengan komponen penerimanya.

BACA JUGA:Segera Siapkan Syaratnya, Bansos Beras 10 Kg Bulan Desember Segera Disalurkan

Untuk mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima bantuan PKH bisa melakukan pengecekan di situs cekbansos.kemensos.go.id. Untuk kriteria komponen penerimanya sendiri terdiri dari ibu hamil, balita, siswa dari SD sampai SMA, lansia dan juga disabilitas.

Sebelum mengetahui berapa saja besaran untuk kriteria komponen penerimanya, terlebih dahulu kamu ketahui tujuan dari Bansos PKH. Tujuan utama PKH adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terutama bidang pendidikan dan kesehatan pada kelompok Rumah Tangga Sangat Miskin/ Keluarga Sangat Miskin (RTSM/ KSM). 

BACA JUGA:Alhamdulillah, Bansos Khusus Ibu Hamil hingga Balita Masih Tetap Cair 2024, Cek Jumlahnya di Sini

Tujuan khusus dari PKH adalah antara lain:

1. PKH diarahkan untuk membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, selain memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi.

2. PKH diharapkan dapat mengubah perilaku Keluarga Sangat Miskin untuk memeriksakan ibu hamil, Nifas, Balita ke fasilitas kesehatan, dan mengirimkan anak ke sekolah dan fasilitas pendidikan.

3. Dalam jangka panjang, PKH diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi.

BACA JUGA:Cara Mendapatkan Bansos Beras 10 Kg Tahun 2024, Jika Belum Terdaftar, Segera Daftar dengan Cara Berikut

Berikut siapa saja yang bisa masuk kriteria penerima PKH:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: