Iklan RBTV Dalam Berita

Mau Pasang Panel Surya, Ini Cara Menghitung Jumlah Pemakaian Listrik dari Panel Surya

Mau Pasang Panel Surya, Ini Cara Menghitung Jumlah Pemakaian Listrik dari Panel Surya

Cara menghitung pemakaian listrik dari panel surya--

Semakin besar ukuran panel surya yang terpasang, maka semakin banyak energi yang dihasilkan dan semakin besar penghematan yang bisa didapatkan oleh pelanggan. Namun, menurut PERMEN ESDM tahun 2018, daya panel surya yang bisa dipasang pada rumah atau gedung pelanggan harus mengikuti 100% daya listrik PLN yang terpasang. 

BACA JUGA:Kembali Dibuka, PT Jakarta International Expo Buka Lowongan Kerja 2 Posisi Terbaru, Yuk Ikut Daftar

Misalnya, jika daya listrik rumah Anda adalah 4.400 watt, maka kapasitas panel surya yang boleh terpasang adalah 4kWp, 3kWp, 2kWp, atau 1kWp, dan seterusnya. Hal ini penting untuk dipahami agar instalasi panel surya dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara Menghitung Konsumsi Listrik Energi Surya

Nah, setelah kita mengetahui cara menghitung satuan energi dari panel surya, yuk kita lanjut ke cara menghitung konsumsi listrik dari energi surya. Sebelum kita mulai menggunakan energi surya sebagai sumber listrik, ada langkah penting yang harus kita lakukan, yaitu mengidentifikasi peralatan listrik yang akan kita gunakan dan memperkirakan konsumsi listrik harian dengan tepat. 

BACA JUGA:Buruan, PT Cakrawala Dinamika Energi Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA hingga S1, Ini Syaratnya

Dalam proses ini, disarankan untuk merujuk pada spesifikasi peralatan dari produsen dan mengumpulkan data konsumsi daya untuk setiap perangkat elektronik. Setelah kita mengidentifikasi peralatan dan konsumsi harian, langkah selanjutnya adalah menghitung total watt-hour (Wh) atau kilowatt-hour (kWh) yang dibutuhkan setiap hari. 

Untuk melakukan perhitungan ini, kita perlu mengalikan daya (dalam watt) dari setiap perangkat dengan jumlah waktu penggunaannya dalam sehari. Ayo kita lihat contoh perhitungannya: 

Misalkan kita memiliki tiga peralatan: 

- Lampu A: Daya 50 watt, waktu penggunaan harian 8 jam 

- TV B: Daya 75 watt, waktu penggunaan harian 2 jam 

- Kulkas C: Daya 1000 watt (1 kW), waktu penggunaan harian 2 jam Energi Harian 

Lampu A = 50 W x 8 jam = 400 Wh Energi Harian 

TV B = 75 W x 2 jam = 150 Wh Energi Harian 

Kulkas C = 1000 W x 2 jam = 2000 Wh = 2 kWh 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: