Iklan dempo dalam berita

Pengisian DRH Adalah Pintu Utama NIP PPPK, Jangan Sampai 4 Hal Ini Gagalkan Kamu Terima SK PPPK

Pengisian DRH Adalah Pintu Utama NIP PPPK, Jangan Sampai 4 Hal Ini Gagalkan Kamu Terima SK PPPK

pengisian DRH merupakan pintu pertama pemberkasan penetapan NIP PPPK--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Seperti penentuan jadwal awal bahwa tahapan pengisian DRH NIP PPPK 2023 dilakukan mulai 16 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024 mendatang. Para peserta yang dinyatakan lulus seleksi tidak boleh menyepelekan tahapan pengisian daftar riwayat hidup (DRH) NIP PPPK 2023.

BACA JUGA:SK PPPK Diterbitkan Instansi Seiring Nomor Induk PPPK, Ini Hal Utama Isi SK yang Terlampir

Belajar dari pengalaman pada seleksi PPPK beberapa tahun mendatang, untuk tahapan pengisian DRH NIP PPPK 2023 relatif lebih lama. Sebab pada tahun 2022 lalu, hampir para guru honorer hanya punya waktu sekitar 6 hari untuk mengurus beragam dokumen yang dibutuhkan untuk pengisian DRH .

BACA JUGA:Sanksi dan Denda yang Akan Diberikan Bagi Peserta yang Lulus Seleksi PPPK Namun Mengundurkan Diri

Ada beberapa alasan, salah satunya adalah karena banyaknya jadwal libur cuti bersama. Pada akhirnya, menjelang berakhirnya jadwal pengisian DRH penetapan NIP PPPK guru 2022 lalu , banyak yang masih terkendala, antara lain:

1. Tidak Bisa Melanjutkan Pengisian DRH NIP PPPK

Agar para peserta yang sudah lulus seleksi PPPK 2023 tidak mengalami masalah serupa, hindari melakukan pengisian DRH di hari-hari terakhir. Sebab jika berkaca dari tahun 2022, masalah tersebut muncul, karena pengisian server DRH tidak bisa dibuka untuk peserta. Baru masuk tahap kedua, tidak bisa lanjut lagi. Bahkan, saat itu, pengisian server DRH sempat tidak bisa diakses guru honorer. Ada kemungkinan karena banyak peserta yang mengakses pada waktu yang bersamaan.

BACA JUGA:Tidak Semua PPPK Betah dengan Statusnya, Ini 5 Alasan Seorang PPPK Memilih Mengundurkan Diri

2. Malah Muncul Pilihan Mengundurkan Diri

Masalah pada tahapan pengisian DRH NIP juga pernah muncul pada seleksi PPPK di tahun 2021. Pada saat itu muncul pilihan kemunduran diri. Sejumlah guru honorer di Papua, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, hanya bisa menangisi nasibnya karena gagal mengisi DRH. Mereka malah diberikan pilihan untuk menjatuhkan diri.

BACA JUGA:SK PPPK Bukan Tanggung Jawab BKN, Apa Saja Lampiran yang Ada Dalam SK PPPK

Namun, saat itu Deputi Suharmen mengatakan setiap ada masalah selalu ada solusinya. Dia menyarankan, instansi menyampaikan surat kepada BKN untuk meminta kelonggaran waktu bagi calon guru PPPK yang terlambat mengisi DRH. BKN nanti akan melontarkan argumentasi yang disampaikan instansi. Jika argumennya masuk akal, akan diberikan perpanjangan. Sebaliknya bila argumennya tidak masuk akal akan ditolak.

Berkaca dari pengalaman di tahun 2021 dan 2022, serta menghindari hal serupa terjadi, maka tahapan pengisian DRH NIP PPPK 2023 dilakukan mulai 16 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024 mendatang. Untuk itu bagi para peserta seleksi PPPK 2023 yang sudah dinyatakan lulus, harus memperhitungkan waktu dengan cermat, dan jangan sampai melebihi batas akhir pengisian DRH NIP. Sebab yang kerap menjadi masalah adalah jaringan.

BACA JUGA:Apakah Peserta PPPK Hanya Untuk Lulusan Dalam Negeri Saja? Berikut Ini Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: