Iklan dempo dalam berita

Cari SK PNS Itu Susah, Setelah Dapat Dititipkan ke Bank, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman

Cari SK PNS Itu Susah, Setelah Dapat Dititipkan ke Bank, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman

Pertimbangan sebelum gadaikan SK PNS ke bank--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Untuk mendapatkan SK Pengangkatan PNS, perlu melewati berbagai tahapan rekrutmen dari awal hingga akhir sampai dinyatakan sebagai salah satu CPNS yang terpilih.

Pertama, seseorang tentunya harus lolos seleksi CPNS terlebih dahulu, dan kemudian nama-nama yang lolos seleksi tersebut akan diterbitkan Nomor Induk Kepegawaian (NIP) CPNS. NIP CPNS ini tidak akan ditetapkan jika pelamar tidak memenuhi persyaratan.

Kemudian tahapan selanjutnya adalah masing-masing dari instansi terkait akan menerbitkan SK CPNS, penerbitan SK CPNS diberikan waktu maksimal 30 hari setelah penetapan Nomor Induk Kepegawaian (NIP).

BACA JUGA:Acer Predator Helios 500, Dijual Mulai Rp 30 jutaan, Ini Teknologi di Dalamnya yang Sepadan dengan Harga

Selanjutnya, nama-nama yang lolos sebagai CPNS tersebut nantinya akan melewati masa percobaan kurang lebih selama satu tahun sebelum kemudian diangkat sebagai PNS. Dalam masa percobaan itu, CPNS hanya mendapatkan gaji dan tunjangan sebesar 80%, gaji dan tunjangan 100% akan diperoleh bila CPNS tersebut telah memperoleh SK Pengangkatan dan telah resmi menjadi PNS.

Proses yang lama ini menjadikan SK Pengangkatan PNS menjadi salah satu dokumen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta CPNS di berbagai instansi. Karena membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun untuk memperoleh SK Pengangkatan PNS tersebut, dan itupun jika dinilai dari performa CPNS selama masa percobaan dianggap baik.

BACA JUGA:Emas Perhiasan Vs Batangan, Manakah yang Lebih Worth It untuk Investasi?

Untuk sebagian orang yang sudah mempunyai SK Pengangkatan sebagai PNS maupun karyawan tetap, maka bisa menggunakan dokumen ini sebagai persyaratan untuk memperoleh pinjaman, di antaranya KPR, KTA, serta jenis pinjaman lainnya.

Hal ini sudah banyak dilakukan oleh PNS untuk menjaminkan dokumen tersebut agar dapat memperoleh pinjaman dalam jumlah yang besar. Pada umumnya, gadai SK PNS yang dijaminkan di bank bisa dalam kurun waktu yang lama hingga di atas 20 tahun. Tenor pinjaman yang dipilih oleh PNS pun tergantung dari berapa jumlah pinjaman yang ingin diajukan.

BACA JUGA:Tahun Depan Seleksi PPPK Kembali Dibuka, Siapkan Syarat Berikut, Kuotanya Cukup Banyak

Banyak PNS yang beralasan bahwa SK PNS yang digadaikan tersebut untuk memperoleh pinjaman uang, lalu kemudian nantinya uang tersebut akan digunakan untuk berbagai kebutuhan di antaranya:

- Membuka usaha.

- Membeli rumah.

- Biaya renovasi rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: