Iklan RBTV Dalam Berita

6 Cara Menghilangkan Pori-Pori Hitam di Wajah, Ketahui Juga Penyebabnya

6 Cara Menghilangkan Pori-Pori Hitam di Wajah, Ketahui Juga Penyebabnya

Cara Menghilangkan Pori-Pori Hitam--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pori-pori yang terlihat menghitam atau komedo hitam di wajah terjadi karena pori-pori yang penuh dengan bakteri dan minyak, kemudian berubah warna menjadi gelap ketika terkena udara. Jika mengalami kondisi ini, maka perlu dilakukan berbagai cara menghilangkan pori-pori hitam di wajah, simak artikel ini hingga tuntas.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Pori-Pori Tersumbat di Wajah, 5 Cara Ini Dijamin Efektif

Apa itu komedo hitam?

Komedo hitam adalah bakal jerawat yang muncul di bawah permukaan kulit yang, jika diabaikan, dapat berubah menjadi blemish, pimpel dan akne.IPori-pori tersumbat ini (atau disebut comedones) berwarna gelap dan sering muncul di area wajah yang berminyak seperti Area T (dahi, hidung, pipi, dan dagu).

Apa penyebab komedo hitam di hidung dan pipi?

Kulit secara alami memproduksi sebum (atau minyak) yang penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Saat produksi sebum berlebih, kulit mati dan kotoran dapat terjebak dan menyumbat pori. Saat pori-pori yang tersumbat ini terbuka, kotoran di dalamnya akan terpapar udara dan teroksidasi sehingga berubah warna menjadi cokelat, hitam atau abu-abu dan akhirnya terbentuklah komedo hitam.

BACA JUGA:10 Cara Menghilangkan Pori-Pori di Wajah, Pakai Bahan Alami Tanpa Perlu ke Salon Kecantikan

Perbedaan komedo hitam dan komedo putih?

Seperti komedo hitam, komedo putih adalah pori-pori yang tersumbat, atau comedones. Bedanya, tidak seperti komedo hitam yang terbuka, komedo putih tertutup. Karena tertutup oleh kulit, komedo putih tidak teroksidasi dan tidak mengalami perubahan warna seperti komedo hitam.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Pori-pori di Hidung Agar Terlihat Mulus, Gunakan 15 Tips Mudah Ini Saja

6 Cara Menghilangkan Pori-Pori Hitam di Wajah

Lalu, bagaimana cara menghilangkan blackheads yang di wajah yang membandel dan sangat mengganggu? Kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Memakai Bahan Asam Salisilat

Asam salisilat merupakan bahan yang dapat membantu mengatasi tersumbatnya pori-pori kulit sekaligus mencegah terbentuknya komedo. Kamu bisa mendapati senyawa aktif ini di berbagai produk perawatan kulit. Mulai dari astringent, toner, dan pembersih muka. Akan tetapi, pastikan kamu tidak memakainya secara berlebihan karena bisa meningkatkan risiko iritasi pada kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: