Iklan dempo dalam berita

Tetap Dilanjutkan, Bansos PKH 2024 akan Segera Cair Awal Januari Ini, Ada juga PKH Pelajar Rp 900 Ribu

Tetap Dilanjutkan, Bansos PKH 2024 akan Segera Cair Awal Januari Ini, Ada juga PKH Pelajar Rp 900 Ribu

Bansos PKH 2024 dijadwalkan cair bulan Januari--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bansos PKH 2024 akan segera cair di awal Januari ini, bagi masyarakat yang memenuhi syarat siap-siap mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan per bulan. Dimana Pemerintah Indonesia segera menyalurkan bansos PKH ini kepada Keluarga Penerima Harapan (KPM). Bansos PKH 2024 ini akan menjadi penyaluran tahap 1 dari total 4 tahapan penyaluran.

PKH adalah  program bantuan sosial untuk keluarga miskin. Program ini dilaksanakan oleh Kementerian Sosial untuk membantu mengatasi kemiskinan. 

BACA JUGA:Ada 4 Posisi Kosong, PT Pertamina Hulu Energi Buka Lowongan Kerja Desember 2023, Pendaftaran Via Online

Tujuan utama dari program ini untuk meningkatkan kualitas daya manusia terutama bidang pendidikan dan kesehatan pada kelompok keluarga miskin.

Dicanangkan sejak tahun 2007, PKH diharapkan dapat berkontribusi secara signifikan untuk menurunkan jumlah penduduk miskin. Banyak masyarakat menganggap PKH adalah kelanjutan dari Bantuan Langsung Tunai (BLT). Namun, faktanya PKH berbeda dengan BLT.

Karena, program PKH ini membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes), dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. 

Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya.

BACA JUGA:Heboh, Media Massa Diserbu Aksi Penolakan Hasil Seleksi Akhir PPPK 2023

Melalui PKH, keluarga miskin didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan. 

PKH diarahkan untuk menjadi episentrum dan center of excellence penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

Adapun tujuan khusus dari PKH adalah antara lain:

1. PKH diarahkan untuk membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, selain memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi.

2. PKH diharapkan dapat mengubah perilaku Keluarga Sangat Miskin untuk memeriksakan ibu hamil / Nifas / Balita ke fasilitas kesehatan, dan mengirimkan anak ke sekolah dan fasilitas pendidikan.

BACA JUGA:Belum Tahukan kalau Air Kelapa Muda Bisa Mencegah Penuaan Dini? Berikut Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: