Iklan dempo dalam berita

Tandon Air Disarangi Lumut? Ketahui Penyebab dan Cara Membersihkannya Menggunakan Bahan Alami

Tandon Air Disarangi Lumut? Ketahui Penyebab dan Cara Membersihkannya Menggunakan Bahan Alami

Cara membersihkan tandon air dari lumut--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sebagai tempat yang lembab dan jarang terkena sinar matahari, lumut akan mudah tumbuh di dalam tandon air. Jika tidak rutin dibersihkan, lumut akan tumbuh dan bersarang, sehingga membuat air menjadi kotor dan bau.

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Merk Tandon Air Stainless Steel Terbaik, Awet dan Anti Lumut

Tandon air sering digunakan untuk menampung air bagi kebutuhan rumah tangga atau sebuah bangunan. Umumnya air salah satu sumber daya yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia, karena jika tidak ada air bersih maka berbagai penyakit akan dengan mudah menghampiri.

BACA JUGA:Dalam Jangka Waktu Tertentu Tandon Air Pasti Berlumut, Begini Cara Mudah Membersihkannya, Bisa Pakai Garam

Lumut adalah musuh segala tempat atau tandon air. Tempat plastik yang dihuni air dalam waktu lama, sudah barang pasti akan berlumut. Lumut juga termasuk sekelompok tumbuhan kecil-kecil yang termasuk ke dalam kelompok Bryophytina. Karena sifat selnya yang menyerap air, lumut selalu tumbuh di tempat-tempat lembab yang memiliki kandungan air. 

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ini Cara Atasi Tandon Air Bocor, hanya Gunakan Cat Dijamin Manjur

Karena itulah, tandon air bersih maupun tandon air dalam kloset atau toilet duduk, kerap ditumbuhi lumut.  Ketika tandon sudah berlumut, sudah waktunya Anda membersihkannya agar kandungan air selalu bersih. Mengatasi tandon air agar tidak berlumutan caranya cukup mudah. Selain memilih jenis atau tipe tandon yang tepat mencegah tumbuhnya lumut juga bisa dengan perawatan rutin, dengan menambahkan bahan alami yang aman ke dalam air tandon tersebut.

BACA JUGA:Dikasih Tahu Tetangga, Ini Trik Atasi Bocor pada Tandon Air, hanya dengan Sabun Cuci Piring

Namun, sebelum itu kamu juga harus mengetahui terlebih dulu apa saja penyebab dan cara mencegah agar tidak ada lumut yang bersarang di dalam tandon.

Berikut ini penyebab tandon air mudah lumutan:

1. Lokasi Penempatan Tandon Air

Perhatikan betul penempatan tandon air agar tahan lama, awet dan tidak mudah ditumbuhi lumut. Hindari meletakkan tandon air di tempat yang langsung terkena cahaya matahari. Hal itu dapat membuat tandon ditumbuhi alga dan mudah rusak. Lumut dapat tumbuh karena cahaya matahari matahari yang menembus dinding tandon air. Jadi usahakan meletakkan tandon air di tempat yang tidak langsung terpapar cahaya matahari. Jika tandon air dipasang atau ditempatkan di tower, maka buat atap pelindung untuk memayunginya dari cahaya matahari.

BACA JUGA:Tidak Perlu Pusing Banyak Jentik di Tandon Air, Basmi dengan 5 Bahan Alami Berikut

2. Cahaya Matahari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: