Iklan dempo dalam berita

Bansos BPNT Sembako Januari akan Dilanjutkan di Tahun 2024, Cek Cara Pengajuannya Disini

Bansos BPNT Sembako Januari akan Dilanjutkan di Tahun 2024, Cek Cara Pengajuannya Disini

Pembagian bantuan sosial BPNT diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2017--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMBansos BPNT Sembako Januari akan dilanjutkan kembali di tahun 2024 oleh Pemerintah di tahun 2024 mendatang. Bagi kamu yang ingin mendapatkan bansos ini simak cara pengajuannya dalam artikel ini. Bantuan sosial BPNT sendiri awal mula ada sebagai penyempurnaan bansos sejenis milik Kemensos RI yang bernama Rastra atau Beras Sejahtera. 

BACA JUGA:KUR BRI 2024, Bunga Rendah Mulai 3 Persen Per Tahun, Syarat KTP dan Bisa Ajukan via Online

Bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau yang biasa disebut Bansos  sembako ini, akan segera dicairkan Pemerintah. Hal ini berdasarkan RKA - K/L Kemensos RI Tahun Anggaran 2024 yang telah disetujui oleh DPR RI Komisi 8, beberapa waktu lalu. Setiap penerima jika telah masuk ke dalam daftar penerima reguler yang disahkan melalui SK (Surat Keputusan), akan mendapatkan bansos ini Rp200.000 selama satu tahun anggaran. 

BACA JUGA:KUR BRI 2024 Pinjam Rp 50 Juta Cair Cepat dan Cicilan Ringan

Jadi total yang didapat oleh penerima selama 12 bulan tersebut adalah Rp2.400.000.

Adapun penyaluran menggunakan dua lembaga  bayar yaitu:

  1. Melalui pos
  2. Melalui bank

Penentuan ini lebih kepada faktor sulit atau mudahnya wilayah tersebut, dalam mengakses lembaga perbankan.

Untuk mengetahui daftar penerima, Anda dapat mengaksesnya melalui situs web resmi www.cekbansos.go.id, dengan melalui perangkat ponsel.

Berikut ini cara cek daftar penerima Bansos Sembako Januari:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu. 
  • Setelah selesai, Anda dapat masuk ke akun Anda. 
  • Caranya sangat mudah, cukup masukkan nomor NIK dan nomor KK Anda. 
  • Kemudian, sistem akan menampilkan daftar bantuan sosial yang Anda terima beserta penjelasan lengkapnya. Kamu juga bisa mengajukan untuk mendapatkan bansos ini. Terutama untuk pemilik NIK KTP, dan KK dengan klasifikasi sebagai berikut:
  • Masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). 
  • Masuk kedalam SK yang ditetapkan Kemensos (masuk data bayar). 
  • Adminstrasi kependudukan padan, dan online di Dukcapil, DTKS, dan SIK-NG.

Untuk mendapatkan bansos ini setidaknya kamu harus memperhatikan hal berikut ini. Pertama untuk masuk kedalam DTKS kamu bisa mengajukan melalui dua cara. Yaitu melalui pengajuan daerah (pemda) dan bisa melalui aplikasi. Dimana pihak desa ataupun kelurahan bisa mengjaukan ke Dinas Sosial setempat melalui Musdes (Musyawarah Desa) atau Muskel (Musyawarah kelurahan). Kemudian Dinas Sosial setempat meminta disahkan oleh pejabat setempat. 

BACA JUGA:KUR BRI 2024, Bunga Rendah Mulai 3 Persen Per Tahun, Syarat KTP dan Bisa Ajukan via Online

Selanjutnya bisa melalui aplikasi usul-sanggah yang ada di Playstore. Maupun langsung di www.cekbansos.go.id. Kekurangan dari mendaftar secara online ini adalah server yang  kerap kali susah di askes. Ingat, masuk DTKS belum bisa langsung masuk menjadi penerima. Kamu harus bersabar, dan menunggu lagi ampai ada penambahan, dan penggenapan dari kuota yang telah ada (18,8 juta penerima).

BACA JUGA:KUR BRI 2024 Pinjam Rp 50 Juta Cair Cepat dan Cicilan Ringan

Selain Bansos Sembako yang akan segera cair Januari ini, ada juga Bansos BPNT. Biasanya BPNT akan disalurkan langsung ke dua tempat yaitu Bank Himbara dan Kantor Pos. Jika melihat kebijakan sebelumnya yang masih berlaku, BPNT Januari 2024 akan cair dalam bentuk uang tunai. Biasanya BPNT akan diakumulasikan untuk 2-3 bulan, sehingga masyarakat akan menerima bantuan sebesar Rp400.000 hingga Rp600.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: