Iklan dempo dalam berita

Ditunggu Banyak Orang, Apakah PPPK akan Dibuka Kembali Tahun 2024?

Ditunggu Banyak Orang, Apakah PPPK akan Dibuka Kembali Tahun 2024?

Apakah PPPK tahun 2024 kembali dibuka?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Hasil seleksi PPPK 2023 belum lama diumumkan. Namun PPPK tetap menjadi harapan banyak orang. Khususnya mereka yang belum lulus seleksi. Ditunggu banyak orang, apakah PPPK akan dibuka kembali tahun 2024?

Bagi pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang gagal pada seleksi PPPK 2023 ini, jangan bersedih, sebab kalian masih bisa mencoba untuk mendaftar kembali pada PPPK 2024.

Untuk informasi mengenai kapan akan dibukanya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan belum diketahui pasti kapan pelaksanaan rekrutmen PPPK 2024 dibuka. 

BACA JUGA:Lowongan Kerja 2024 Dibuka PT Astra Honda Motor, Ada 6 Posisi Menarik dengan Syarat Mudah

Namun, untuk pelaksanaan seleksi PPPK 2024 tidak akan seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab seleksi PPPK 2024 akan dilakukan dengan lebih fleksibel lagi. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen.

Fleksibel yang dimaksud dalam hal ini mengacu pada teknis pelaksanaan seleksinya. Suharmen juga mengatakan bahwa pelaksanaan seleksi PPPK 2024 kemungkinan akan dilaksanakan beberapa kali dalam satu tahun. 

Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) disebutkan bahwa tenaga hororer akan dihapus paling lambat Desember 2024 mendatang. Dengan adanya peraturan tersebut, instansi pemerintah, baik itu pemerintah pusat atau daerah, tidak lagi boleh merekrut tenaga Non-ASN atau tenaga honorer.

BACA JUGA:4 Hp Oppo Series Terbaru, Harga Bersahabat, Cocok untuk Teman Tahun Baru

Pemerintah sedang mengupayakan untuk para tenaga honorer dapat mengikuti seleksi PPPK tahun depan. Bahkan rencananya, tenaga honorer yang telah mengabdi selama 5 tahun ke atas diharapkan dapat menduduki posisi PPPK tanpa proses seleksi. 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) melalui keterangan tertulisnya menyatakan bahwa akan membuka lebih dari 1,3 juta formasi bagi CASN. 

Ini karena beberapa pertimbangan, meliputi sisa formasi di tahun sebelumnya, jumlah ASN yang pensiun pada tahun yang akan datang, dan kebutuhan riil di lapangan. Pembukaan formasi CASN 2024 ini akan tersebar di berbagai instansi pemerintah, baik itu di level kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah.

BACA JUGA:Ada Banyak Jenis Bansos 2024 yang Kembali Dilanjutkan Pemerintah, Simak Cara Daftar Bansos 2024

Pemerintah juga merencanakan untuk membuka kuota seleksi CASN 2024 lebih banyak untuk para fresh graduate atau lulusan baru. Keputusan ini bukan semata-mata karena ingin mengatasi masalah pengangguran saja. 

KemenPANRB menyebutkan, kuota seleksi CASN 2024 lebih banyak untuk lulusan baru karena ingin mendapatkan talenta yang memiliki keahlian paling mutakhir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: