Iklan dempo dalam berita

KUR 2024 Dibuka, Pemerintah Kucurkan Anggaran Rp300 Triliun dan Petani Jadi Prioritas

KUR 2024 Dibuka, Pemerintah Kucurkan Anggaran Rp300 Triliun dan Petani Jadi Prioritas

pemerintah terus mendorong penyaluran KUR sebagai salah satu strategi dalam menjaga pertumbuhan ekonomi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – KUR 2024 dibuka, pemerintah kucurkan anggaran Rp300 triliun dan petani jadi prioritas. Jumlah tersebut menyasar debitur baru hingga 1,8 juta orang. Pada 2024, pemerintah terus mendorong penyaluran KUR sebagai salah satu strategi dalam menjaga pertumbuhan ekonomi. 

BACA JUGA:Info Terbaru Simulasi Tabel KUR Mandiri 2024, Pinjam di Atas Rp 100 Juta Wajib Jadi Peserta BPJS Ketenagakerja

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dari anggaran mencapai Rp300 triliun dengan plafon KUR yang telah didistribusikan kepada 43 Penyalur KUR aktif sebesar Rp280,48 triliun.  Tentunya, diharapkan pula dengan jumlah penyaluran tersebut, jumlah debitur KUR baru dapat bertambah sebanyak 1,8 juta orang dan debitur KUR eksisting yang bergraduasi mencapai 1,4 juta orang.

BACA JUGA:Ini Info Terbaru Simulasi Tabel Pinjam Rp 125 Juta Tabel KUR BNI 2024, Tanpa Ajukan Online

Kemudian, disampaikan pula bahwa jumlah penyaluran KUR di tahun 2024 tersebut menyesuaikan kecukupan anggaran subsidi bunga atau subsidi marjin KUR (SBSM) tahun anggaran 2024 dengan target penyelesaian seluruh carry over tagihan pada tahun 2024. Lalu, terkait sisa plafon KUR 2024 yang belum didistribusikan sebesar Rp19,5 triliun, maka nantinya akan digunakan sebagai cadangan kebutuhan penyaluran Kredit Usaha Alsintan tahun 2024.

Dan untuk cadangan peningkatan penyaluran KUR bagi penyalur KUR yang masih memiliki potensi penambahan plafon KUR pada semester II tahun 2024.

BACA JUGA:Pinjam KUR BRI 2024 Tanpa Jaminan Cair Cepat hingga Rp 50 Juta, Cermati 3 Cara Pengajuan Disetujui

KUR 2024 Siap Dibuka Petani Jadi Prioritas

Bukan hanya itu saja, ternyata pemerintah juga telah menyiapkan perubahan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tentang Pedoman Pelaksanaan KUR Tahun 2024. Salah satu kebijakan yang siap diimplementasikan yakni akses KUR Mikro berulang untuk petani dengan luas lahan olahan terbatas yakni paling banyak 20.000 m2.

Berkaitan mengenai insentif kepada petani kecil penerima KUR tersebut, maka akan diberikan dengan pemberian pengecualian dari ketentuan pembatasan akses KUR Mikro (plafon KUR Rp10 juta sampai dengan Rp100 juta), Serta, pengenaan suku bunga atau marjin KUR Mikro yang tetap sebesar 6 persen. 

BACA JUGA:Modal Usaha Rp 30 Juta, Ini Simulasi Tabel KUR BRI 2024, Cuma Lewat HP Bisa Ajukan Pinjaman

Bukan tanpa alasan, hal tersebut agar meningkatkan kesejahteraan petani. Sebab, dengan membantu memberikan akses pembiayaan murah sehingga tidak membebani mereka dalam penyiapan modal kerja untuk dapat berproduksi. Oleh karena itu, diharapkan perubahan kebijakan KUR ini bisa dimanfaatkan oleh mayoritas petani di Indonesia.

BACA JUGA:Simulasi Tabel KUR Mandiri 2024, Pendaftaran Bisa Lewat Online dengan Syarat KTP Bisa Cair hingga Rp 500 Juta

Sebagai informasi, apabila tidak ada perubahan, berikut adalah syarat untuk ajukan KUR BRI 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: