Iklan dempo dalam berita

6 Pinjol Tanpa KTP Tanpa Verifikasi Wajah, Legal Atau Ilegal?

6 Pinjol Tanpa KTP Tanpa Verifikasi Wajah, Legal Atau Ilegal?

6 Pinjol Tanpa KTP Tanpa Verifikasi Wajah,--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berikut ini akan dibahas jenis pinjol tanpa ktp tanpa verifikasi wajah. Namun jangan sampai terjebak dengan pinjol ilegal yang mudah cair, tanpa verifikasi wajah dan gak usah dibayar tersebut

Perlu diketahui praktek pinjol ilegal atau pinjaman online yang tidak terverifikasi OJK kini marak di masyarakat.

BACA JUGA:Cegah Teror Pinjol dengan 6 Cara Menghapus Data Kontak Dari Pinjaman Online

Tentunya hal tersebut membuat resah, apalagi jika sudah terjebak dengan lingkaran pinjol ilegal.

Sebagian besar platform pinjol menerapkan proses verifikasi wajah sebagai bagian dari langkah keamanan. Calon peminjam diminta untuk mengambil foto wajah sebagai bentuk identifikasi.

Selain verifikasi wajah, beberapa pinjol juga meminta calon peminjam untuk mengirimkan selfie bersama dengan KTP. Tujuan dari langkah ini adalah untuk memastikan keaslian identitas peminjam.

BACA JUGA:Cari Pinjol Bunga Rendah Tenor Panjang Limit Besar? Silakan Intip 10 Rekomendasinya di Sini

Meskipun kebanyakan platform pinjol menerapkan proses verifikasi tersebut, ada beberapa yang menyatakan bahwa mereka menawarkan pinjaman tanpa perlu melakukan verifikasi wajah dan mengirim selfie KTP. Namun, perlu diperhatikan bahwa:

1. Risiko Keamanan

Pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP dapat meningkatkan risiko keamanan. Kebijakan verifikasi dirancang untuk melindungi calon peminjam dari potensi penipuan identitas.

BACA JUGA:Pinjol Tanpa BI Checking Pasti ACC, Mau? Silakan Cek 5 Rekomendasinya

2. Ketidakpastian Legalitas

Platform yang menawarkan pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP mungkin tidak mematuhi peraturan dan regulasi yang berlaku. Ini dapat menciptakan ketidakpastian hukum terkait privasi data dan perlindungan konsumen.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat selalu berhati-hati dan memilih platform pinjol yang transparan, dan mematuhi regulasi untuk menjaga keamanan serta privasi finansial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: