Iklan dempo dalam berita

Tabel Angsuran KUR BNI 2024, Petani Bisa Dapat Pinjaman Rp 100 Juta Bunga Rendah, Cicilan di Bawah Rp 2 Juta

Tabel Angsuran KUR BNI 2024, Petani Bisa Dapat Pinjaman Rp 100 Juta Bunga Rendah, Cicilan di Bawah Rp 2 Juta

Tabel angsuran KUR BNI pinjaman Rp 100 juta--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kredit Usaha Rakyat (KUR) menyediakan akses pembiayaan yang murah dan tidak membebani masyarakat. Tabel angsuran KUR BNI 2024, petani bisa dapat pinjaman Rp 100 juta bunga rendah, cicilan di bawah Rp 2 juta. 

KUR BNI 2024 dapat diperoleh pelaku usaha baik untuk modal usaha, kerja, maupun investasi.

Dalam pelaksanaannya, KUR BNI 2024 tersedia plafon pinjaman hingga ratusan juta dengan jangka waktu cicilan hingga paling lama 60 bulan.

BACA JUGA:Tabel angsuran KUR BNI 2024, Pinjaman Rp 50 juta Bunga Rendah, Bisa Dicicil hingga 5 Tahun

Seperti diketahui bersama, pemerintah telah menyiapkan perubahan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tentang Pedoman Pelaksanaan KUR Tahun 2024. 

Adapun salah satu kebijakan yang siap diimplementasikan yaitu akses KUR Mikro berulang untuk petani dengan luas lahan olahan terbatas yakni paling banyak 20.000 m2 atau sekitar 2 hektare. 

Kemudian, insentif kepada petani kecil penerima KUR tersebut diberikan dengan pemberian pengecualian dari ketentuan pembatasan akses KUR Mikro (plafon KUR Rp10 juta sampai dengan Rp100 juta) serta pengenaan suku bunga/marjin KUR Mikro yang tetap sebesar 6 persen. 

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI 2024, Pinjam Rp 35 Juta Cukup Bayar Rp 1 Jutaan Per Bulan, Petani Jadi Prioritas

Bukan tanpa alasan, hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, dengan membantu memberikan akses pembiayaan murah sehingga tidak membebani mereka dalam penyiapan modal kerja untuk dapat berproduksi. 

Dengan begitu, maka diharapkan perubahan kebijakan KUR ini dapat dimanfaatkan oleh mayoritas petani di Indonesia.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan kebijakan KUR yang tepat sasaran dengan tetap menjaga efisiensi fiskal Pemerintah, maka pada tahun 2024 akan ditambahkan ketentuan terkait kewajiban penyampaian laporan realisasi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) KUR setiap bulan oleh Penyalur KUR. 

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI 2024, Pinjaman Rp 45-50 Juta Cicilan Ada yang Rp 900 Ribuan, Daftar di Sini

Tentunya, tujuan tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas pelaporan sebagai bahan analisis SBDK KUR pada periode selanjutnya. 

Namun, selama reviu SBDK KUR yang dilakukan oleh BPKP, maka besaran subsidi bunga KUR Tahun 2024 tetap mengacu pada Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 317 tahun 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: