Iklan dempo dalam berita

Pendek dan Mudah Diamalkan, Perbanyak Amal dengan Lakukan Dzikir ini di Bulan Rajab

Pendek dan Mudah Diamalkan, Perbanyak Amal dengan Lakukan Dzikir ini di Bulan Rajab

Rajab yakni keagungan atau mulia lantaran tercatat berbagai peristiwa penting bagi umat Islam--

NASIONAL RBTVCAMKOHA.COM – Pada 12 januari lalu, secara resmi umat Islam menyambut datangnya bulan Rajab. Bulan dalam kalender Hijriah ini dikatakan memiliki banyak sekali berkah yang bisa dimaksimalkan dengan berbagai amalan, seperti puasa dan zikir.

BACA JUGA:Simulasi Cicilan KUR BNI 2024 Pinjaman Rp30 Juta, Proses 3 Hari Langsung Cair

Rajab merupakan salah satu nama bulan dalam penanggalan Hijriyah atau kalender Islam. Berada pada urutan ke-7 dalam kalender Islam, Rajab termasuk salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT.

BACA JUGA:Review dan Spesifikasi Acer Nitro 17 Terbaru Gunakan Prosesor Terbaru Intel

Arti kata Rajab yakni keagungan atau mulia lantaran tercatat berbagai peristiwa penting bagi umat Islam. Pada Bulan Rajab juga terdapat amalan sunnah yang bisa dikerjakan dan keutamaan yang menakjubkan.

BACA JUGA:Cara Pengajuan KUR BNI 2024 Secara Online dan Offline, Serta Cicilan Angsuran KUR BNI Pinjaman Rp 20 Juta

Salah satu peristiwa penting yang terjadi pada Bulan Rajab ialah diharamkannya pertumpahan darah. Hal ini dijelaskan oleh Abu Nashr al-Farabi dalam kitab Al-Shihah Taaj Al-Lughah: 

“Rajab artinya mulia, aku merajabkan sesuatu yakni memuliakannya dan mengagungkannya, dan sesuatu itu mulia. Dan karena itulah rajab dinamakan rajab; karena memang orang-orang terdahulu di zaman jahiliyah memuliakan bulan tersebut dan tidak menghalalkan peperangan”.

BACA JUGA:KUR Mandiri 2024 Dibuka! Simak Syarat Pengajuan dan Simulasi Cicilan KUR Mandiri Pinjaman Rp 15 Juta

Memasuki bulan Rajab, banyak ibadah yang bisa diamalkan dan menambah pahala seorang muslim. Selain puasa Rajab, ada juga zikir bulan Rajab yang bisa diamalkan dengan mudah tanpa mengganggu kesibukan.

BACA JUGA:3 Varian Laptop Gaming Terbaru Asus Teknologi AI 2024 Pakai Layar OLED Pertama di Dunia

Beberapa zikir yang bisa diamalkan di bulan Rajab tanpa mengganggu aktivitas adalah sebagai berikut:

Ada cukup banyak sumber yang menyampaikan deretan zikir bulan Rajab yang dapat menjadi acuan. Beberapa zikir atau amalan yang bisa dilakukan sewaktu-waktu antara lain adalah sebagai berikut:

اللهم اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُورُ)

Artinya: ‘Ya Allah, ampunilah dosaku dan kasihanilah aku, serta terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau adalah zat yang Maha Menerima taubat dan Maha Pengasih. Atau sesungguhnya Engkau adalah Zat yang Maha Menerima taubat dan Maha Pengampun.’

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: