Iklan dempo dalam berita

Tanda Kiamat Sudah Dekat, Berapa Lama Nabi Isa akan Turun di Bumi?

Tanda Kiamat Sudah Dekat, Berapa Lama Nabi Isa akan Turun di Bumi?

Berapa lama Nabi Isa akan turun di bumi?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Turunnya Nabi Isa AS ke bumi, sebagai salah satu tanda besar akan terjadinya kiamat atau akhir zaman.

Nabi Isa akan menetap di bumi dalam kurun waktu tertentu sampai tugasnya selesai.

Kabar turunnya Nabi Isa AS di akhir zaman ini disebutkan dalam hadits Abu Syuraihah Hudzaifah bin Usaid, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

BACA JUGA:Kelak Menjelang Kiamat, Nabi Isa akan Turun ke Bumi, Tempatnya di Masjid Ini

"Kiamat tidak akan terjadi sebelum kalian melihat sepuluh tanda-tandanya: (1) terbitnya matahari dari barat, (2) asap, (3) binatang melata, (4) munculnya Ya'juj dan Ma'juj, (5) keluarnya Dajjal, (6) munculnya Isa bin Maryam, (7) tiga gerhana; gerhana di barat (8) gerhana di timur, (9) gerhana di Jazirah Arab, (10) api yang keluar dari dasar Aden yang menggiring manusia atau mengumpulkan manusia dan bersama mereka di mana saja berada." (HR Muslim, Ahmad, dan lainnya. Ibnu Katsir mengatakan hadits ini shahih)

Nabi Isa AS diutus Allah SWT untuk menjalankan beberapa tugas, salah satunya membunuh Dajjal, makhluk penyebar fitnah di kalangan umat manusia akhir zaman.

Disebutkan dalam Kitab At-Tadzkirah karya Imam Syamsuddin Al-Qurthubi dan diterjemahkan oleh Anshori Umar Sitanggal, Nabi Isa AS akan turun di menara putih di sebelah timur Damaskus. 

BACA JUGA:Redmi Watch 4 Jam Pintar Sistem AI dengan Daya Tahan Baterai Super Awet, Ini Speknya

Ia mengenakan dua pakaian berwarna kuning sambil meletakkan kedua tangannya pada sayap dua malaikat yang menyertainya.

Ada dua pendapat mengenai lama masa tinggal Nabi Isa AS di bumi. Menurut Kitab Ashratus Sa'ah karya Yusuf bin Abdullah bin Yusuf al-Wabil dan diterjemahkan oleh Atho'illah Umar, Nabi Isa AS akan tinggal di bumi selama 7 tahun, sedangkan dalam riwayat lain disebut selama 40 tahun.

Pendapat yang menyebut selama 7 tahun bersandar pada riwayat yang berasal dari Abdullah bin Umar yang termuat dalam Syarh al-Nawawi li Muslim, yang berbunyi,

BACA JUGA:Pengen Terlihat Muda? Berikut Buah dan Bijian yang Membuat Awet Muda

“Maka Allah mengutus Isa bin Maryam AS, kemudian beliau menetap di bumi bersama kaum muslimin selama 7 tahun. Selama ada beliau, tiada lagi permusuhan dan kebencian. Lalu Allah mengirim angin dingin dari negeri Syam, maka setiap manusia yang ada dalam hatinya ada iman walau seberat biji atom pasti mati terkena angin itu.” (HR Muslim)

Sementara itu, pendapat yang menyebut Nabi Isa AS akan tinggal di bumi selama 40 tahun bersandar pada hadits yang dikeluarkan Imam Ahmad dalam Musnad Ahmad dan Abu Dawud dalam Sunan Abu Daud Kitab al-Malahim bab Khuruj al-Dajjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: