Iklan dempo dalam berita

Punya Keistimewaan, 11 Sahabat Nabi Berikut Dijamin Allah SWT Masuk Surga

Punya Keistimewaan, 11 Sahabat Nabi Berikut Dijamin Allah SWT Masuk Surga

11 sahabat Nabi Muhammad yang dijamin masuk surga--

BACA JUGA:KUR BRI Ditolak? Coba Pinjaman Bank BRI Selain KUR, Ada 7 Pilihan Tenor Panjang

Ibunya mencari keberadaan Zaid karena ingin tahu apakah anaknya telah tiada atau masih hidup. Setelah lelah karena rasa khawatir yang menumpuk, ibunya mendapatkan kabar bahagia kalau anaknya masih hidup dan tinggal di kota Mekkah bersama Rasulullah SAW. Beliau angkat Zaid sebagai anak.

Mendengar kabar tersebut, sang ibu bergegas ke Kota Madinah dengan membawa uang untuk menebus anaknya. Sesampainya di kediaman baginda Rasulullah, beliau meminta Zaid untuk memilih apakah tetap tinggal bersama nabi atau ikut pulang bersama ibu. Jika pulang, maka Rasulullah tidak akan mengambil uang tebusan dari orang tua Zaid.

Zaid memilih untuk tinggal bersama Rasulullah. Beliau pun mengumpulkan orang sekitar untuk mengumumkan bahwa Zaid adalah anaknya dan ahli warisnya. Akan tetapi, dari peristiwa ini turun ayat Allah surat Al-Ahzab ayat 5 yang berisi tentang bahwa anak angkat harus tetap dipanggil dengan nama ayah kandung mereka, bukan ayah angkat.

BACA JUGA:Hemat Dikantong, Berikut Daftar Harga dan Simulasi Kredit Motor Listrik Polytron 2024

“Panggillah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak (kandung) mereka; itulah yang lebih adil di sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, maka (panggilah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu”

(QS al-Ahzaab: 5).

Itulah asbabun nuzul tentang anak angkat. Para muslim yang ingin mengangkat anak harus tahu hukumnya berdasarkan syariat Islam.

Pada akhirnya, Zaid bin Haritsah menjadi salah satu sahabat terdekat Rasulullah SAW. Lalu, Zaid bin Haritsah menjadi satu-satunya sahabat Nabi Muhammad yang namanya diabadikan di dalam Al Quran.

 

Nutri Septiana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: