Iklan dempo dalam berita

Viral Mahasiswa Bayar Kuliah Pakai Pinjol, Rupanya Ada 86 Perguruan Tinggi Selain ITB Bermitra dengan Danacita

Viral Mahasiswa Bayar Kuliah Pakai Pinjol, Rupanya Ada 86 Perguruan Tinggi Selain ITB Bermitra dengan Danacita

Ada 86 Perguruan Tinggi Selain ITB Bermitra dengan Danacita--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tengah menjadi sorotan publik dan viral mahasiswa bayar kuliah pakai pinjol, rupanya ada 86 Perguruan Tinggi Selain ITB bermitra dengan Danacita.

BACA JUGA:Viral dan Dikritik Netizen Lantaran Mahasiswa ITB Bayar UKT Pakai Pinjol, Berikut Tanggapan KM ITB

Kampus ternama Institut Teknologi Bandung (ITB), belakangan ini diketahui menawarkan mahasiswanya yang kesulitan membayar kuliah atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan cicilan pinjaman online (pinjol).

BACA JUGA:Cara Mengetahui Pinjol Terdaftar di OJK atau Tidak, Ikuti 3 Cara Berikut, Ada yang Tanpa Kuota Internet

Informasi ini Tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Banyak yang menyayangkan langkah penawaran yang dilakukan kampus ternama tersebut. Disebutkan bahwa ITB melakukan kerja sama dengan pihak ketiga yakni Danacita untuk proses pembayaran UKT. 

BACA JUGA:Cara Mengetahui Penyalahgunaan KTP untuk Pinjol, Ini 10 Langkah Mudah Ceknya dan Siapkan Foto Selfie KTP

Menanggapi hebohnya informasi tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun turun tangan. OJK telah memanggil phak dari Danacita untuk meminta penjelasan.

Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK Aman Santosa mengatakan dalam pertemuan tersebut, Danacita menjelaskan penawaran pinjaman untuk UKT sebuah pilihan yang diberikan bagi mahasiswa yang kesulitan membayar.

BACA JUGA:Cara Mengetahui Pinjol Legal dan Ilegal, hanya Ada 3 Cara, Salah Satunya Lewat WhatsApp

Dalam pertemuan tersebut, pihak Danacita menerangkan bahwa pinjaman baru diberikan jika terdapat pengajuan dari mahasiswa yang bersangkutan dan telah melalui proses analisis kelayakan oleh Danacita.

BACA JUGA:Cara Menghapus Data Diri dari Pinjol, Pakai 6 Cara Ini Terbukti Aman dan Efektif

Sebagai tindak lanjut, OJK telah meminta Dana cita untuk tetap memperhatikan aspek kehati-hatian dan transparansi dalam penyaluran pembiayaannya dan lebih meningkatkan edukasi kepada mahasiswa mengenai hak dan kewajiban konsumen. Termasuk aspek risikonya dan seluruh aspek pelindungan konsumen lainnya. 

BACA JUGA:Benarkah ITB Tawarkan Bayar Kuliah Pakai Pinjol, Ini Respon Lengkap Pihak Kampus dan Ini Akar Permasalahannya

Tak hanya itu, Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto juga mengatakan untuk pembayaran UKT, kampus bekerja sama dengan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) fintech bidang pembiayaan pendidikan Danacita sejak Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: