Iklan dempo dalam berita

Apakah Tabungan Pendidikan Anak Bisa Diambil? Apa Perbedaanya Dengan Asuransi Pendidikan?

Apakah Tabungan Pendidikan Anak Bisa Diambil? Apa Perbedaanya Dengan Asuransi Pendidikan?

Apakah tabungan pendidikan bisa dicairkan?--

Pertama-tama, tujuan utama dari tabungan pendidikan adalah mengakumulasi dana yang diperlukan untuk membiayai pendidikan anak.

BACA JUGA:Pinjam Rp 15 Juta di Pinjol Easycash Bisa Dicicil Sampai 9 Bulan, Angsurannya Cuma Segini

Dana yang berhasil terkumpul melalui tabungan ini umumnya mencakup biaya pendidikan mulai dari tingkat TK hingga perguruan tinggi, termasuk juga untuk kursus tambahan dan kebutuhan pendidikan lainnya.

Dalam hal jangka waktu, tabungan pendidikan biasanya memiliki durasi pendek hingga menengah karena digunakan untuk mencapai tujuan yang bersifat jangka pendek.

Dibandingkan dengan produk asuransi pendidikan, tabungan pendidikan umumnya hanya memiliki masa simpan sekitar 2 hingga 5 tahun.

Meskipun demikian, jangka waktu pembayaran tabungan pendidikan cenderung lebih singkat dibandingkan dengan asuransi pendidikan.

BACA JUGA:Tampil Gagah dan Sporty, Toyota Fortuner VRZ Impian Banyak Orang, Ini 6 Spesifikasi dan Simulasi Kreditnya

Proses setoran dan pencairan dana dalam tabungan pendidikan dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda sebagai penabung.

Setoran biasanya terdiri dari dana tabungan beserta biaya administrasi yang ditetapkan oleh bank.

Pencairan dana dapat dilakukan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh nasabah pada saat pembukaan tabungan.

Tabungan pendidikan juga membawa manfaat dan risiko tertentu. Manfaatnya meliputi pemberian bunga serta jaminan simpanan yang diberikan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga tingkat keamanannya relatif tinggi dengan risiko yang cukup kecil.

BACA JUGA:Pinjaman KUR BSI 2024, Segini Angsuran KUR BSI Pinjaman Rp25-Rp40 Juta Tanpa Bunga

Sementara itu  asuransi Pendidikan Anak, berbeda dengan tabungan pendidikan yang dikeluarkan oleh bank, merupakan produk yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi.

Merupakan bentuk perlindungan finansial untuk dana pendidikan anak, asuransi pendidikan memberikan jaminan jiwa bagi orang tua sebagai pembayar premi.

Berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan terkait asuransi pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: