Iklan dempo dalam berita

Penilaian Ombudsman, Pelayanan Publik di Pemprov Berkualitas Tinggi

Penilaian Ombudsman, Pelayanan Publik di Pemprov Berkualitas Tinggi

Penilaian Ombudsman, Pelayanan Publik di Pemprov Berkualitas Tinggi--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Pemerintah Provinsi Bengkulu mendapat penghargaan penilaian pelayanan publik berkualitas tinggi dari Ombudsman Republik Indonesia. Penghargaan ini diserahkan langsung Kepala Perwakilan Ombudsman Bengkulu kepada Gubernur Rohidin Mersyah, rabu (22/2) di Gedung Balai Raya Semarak Bengkulu.

BACA JUGA:Rasianna BR Saragih Pimpin ISKI Wilayah Bengkulu

"Tentu sudah mendapat sertifkat zona hijau tinggi, yang penting dampaknya dirasakan masyarakat. Bahwa pelayanan menjadi lebih baik, lebih mudah dan transparansinya diakui," kata Gubernur Rohidin.

Tahun ini ada sembilan Pemda yang mendapat penilaian layanan zona hijau. Dari 11 Pemda, tersisa 2 Pemda yakni Pemkab Bengkulu Tengah dan Mukomuko agar ikut mengejar. Serta OPD di jajaran Pemprov Bengkulu juga ikut memperbaiki layanan. 

BACA JUGA:Disidang Kode Etik, Bharada Richard Eliezer Tetap Menjadi Anggota Polri

"Semakin banyak kabupaten yang mendapatkan zona hijau. Kami minta kabupaten yang belum, Bengkulu tengah dengan Mukomuko, dan OPD kita masih ada beberapa yang masih rendah, itu kita perbaiki bersama," tambah Gubernur Rohidin.

Ketua Perwakilan Ombudsman Bengkulu, Herdi Puryanto mengatakan, proses penilaian dilakukan selama Agustus hingga Oktober. Ditingkat provinsi ada lima OPD yang menjadi lokasi penilaian, sedangkan di Pemkab/Pemkot ada 7 sektor yang dinilai.

BACA JUGA:Murman 'Ujang Puguk' Bergabung ke Partai Nasdem

"Mulai dari pemerintah provinsi dan kabupaten dan kota. Lokusnya di Provinsi ada 5 OPD, di kabupaten/kota ada 7 lokusnya," kata Herdi.

Ada empat dimensi yang dinilai yakni kompetensi penyelenggara, sarana dan prasarana, survei kepuasan masyarakat dan penurunan pengaduan. Herdi menyarankan, kedepan agar layanan secara online dan offline bisa dipadukan agar informasi bisa lebih cepat dan mudah didapatkan masyarakat. 

BACA JUGA:Lelah Diburu Elang Jupi, Pencuri Ini Datangi Kantor Polisi

"Media online dan offline harus dipadukan, kebanyakan penilaian yang jatuh ketersedian informasi dalam bentuk online," tambah Herdi.

Herdi juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi, karena hasil penilaian tahun ini meningkat signifikan. Di tahun lalu hanya ada 5 Pemda yang zona hijau, tahun ini menjadi 9 Pemda zona hijau, yakni Pemkab/Pemkot dan 1 Pemprov. 

BACA JUGA:Kamar Warga Binaan di Rutan Bengkulu Digeledah, Ini Hasilnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: