Iklan dempo dalam berita

Sudah Tahu Belum Apa itu GPS, Fungsi dan Jenis-jenis GPS pada Smartphone

Sudah Tahu Belum Apa itu GPS, Fungsi dan Jenis-jenis GPS pada Smartphone

Fungsi dan Jenis-jenis GPS pada Smartphone --

NASIONAl, RBTVCAMKOHA.COM – Sudah tahu belum apa itu GPS, fungsi dan jenis-jenis GPS? Nah, di dalam artikel ini kita akan membahasnya secara tuntas. Simak hingga akhir ya!

BACA JUGA:4 HP Xiaomi Gps Terbaik Galileo Terbukti Miliki Tingkat Akurasi Kuat yang Cocok Buat Abang Ojol

Di dunia smartphone, fitur GPS tidak hanya menjadi sekadar tambahan, melainkan menjadi elemen penting yang melibatkan aspek navigasi dalam kehidupan sehari-hari. 

Keberadaan GPS menjadi sangat pentingl bagi orang-orang yang melakukan perjalanan atau ingin melacak posisi tertentu.

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP Samsung GPS Terbaik Galileo Buat OJOL, Seperti Apa Akurasinya dengan GPS Glonass

Oleh karena itu, memiliki sensor kompas yang berkualitas pada sebuah ponsel menjadi suatu keharusan agar fitur GPS di dalamnya dapat beroperasi dengan optimal.

Meskipun GPS sering kali diasosiasikan dengan ponsel pintar, namun sebenarnya GPS telah ada jauh sebelum ponsel pintar merajalela seperti sekarang.

BACA JUGA:7 HP GPS Terbaik dan Termurah untuk Driver Online, Harga Mulai Rp1 Jutaan Saja

GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System, sebuah alat atau sistem navigasi berbasis satelit yang memiliki peran utama dalam melacak posisi objek atau memetakan posisi di peta digital.

Untuk memahami GPS lebih lanjut, kita perlu memahami cara kerjanya. GPS melibatkan tiga komponen utama, yaitu satelit, pengontrol, dan penerima/pengguna.

BACA JUGA:5 Aplikasi GPS Terbaik 2024 untuk Ojek Online dan Traveler, Anti Kesasar Lagi Deh!

Satelit berfungsi sebagai penerima dan penyimpan data, menerima informasi waktu dan sinyal yang kemudian diteruskan ke stasiun pengontrol.

Pengontrol memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan satelit, mengirimkan data, dan melakukan sinkronisasi waktu antar satelit.

Sedangkan penerima adalah para pengguna yang menerima informasi data dari satelit untuk menentukan posisi, arah, jarak, dan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: