Iklan dempo dalam berita

6 Ciri Sosok Dabbah, Julukan Hewan yang Menandakan Datangnya Hari Kiamat

6 Ciri Sosok Dabbah, Julukan Hewan yang Menandakan Datangnya Hari Kiamat

6 Ciri Sosok Dabbah, Julukan Hewan yang Menandakan Datangnya Hari Kiamat--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dabbah adalah julukan hewan yang menandakan datangnya hari-kiamat. Kemunculan Dabbah yang dikatakan sebagai hewan melata juga disinggung dalam Al-Qur’an. 

Dalam Qur'an surat An-Naml ayat 82 Allah SWT berfirman; 

وَاِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ اَخْرَجْنَا لَهُمْ دَاۤبَّةً مِّنَ الْاَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ اَنَّ النَّاسَ كَانُوْا بِاٰيٰتِنَا لَا يُوْقِنُوْنَ

“Apabila telah jatuh perkataan atas mereka, Kami keluarkan dâbbah dari bumi yang akan berbicara kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia terhadap ayat-ayat Kami tidak yakin" (QS An-Naml : 82).

BACA JUGA:Apa Itu Hewan Dabbah? Kemunculannya Disebut Sebagai Pertanda Hari Kiamat, Ini 6 Cirinya

Lantas, apa sebenarnya Hewan Dabbah?

Sosok Dabbah yang muncul sebagai tanda kedatangan hari kiamat dijelaskan dalam sebuah hadits yang diambil dari buku “Huru-Hara Hari Kiamat” karya Ibnu Katsir. Diwariskan dari Abdullah bin Amr, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari barat dan munculnya binatang melata (Dabbah) menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi.” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

BACA JUGA:Makhluk Terakhir yang Meninggal di Hari Kiamat, Apakah dari Kalangan Manusia?

Selain itu, kemunculan Dabbah yang dikatakan sebagai hewan melata juga disinggung dalam Al-Qur’an surat An-Naml ayat 82, Allah SWT berfirman:

وَإِذَا وَقَعَ ٱلْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَآبَّةً مِّنَ ٱلْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ ٱلنَّاسَ كَانُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Artinya: “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi (Dabbah) yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (QS An-Naml: 82).

BACA JUGA:Amalan Agar Mendapat Keselamatan di Hari Kiamat, Cukup 10 Menit Setelah Subuh Sebelum Sarapan

Lokasi kemunculan Dabbah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: