Iklan dempo dalam berita

Jadwal Puasa Tahun 2024 serta Jadwal Libur Awal Puasa 2024 untuk Murid SD, SMP, SMA

Jadwal Puasa Tahun 2024 serta Jadwal Libur Awal Puasa 2024 untuk Murid SD, SMP, SMA

Jadwal libur murid awal puasa ramadhan 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jadwal puasa tahun 2024 serta jadwal libur awal puasa 2024 untuk murid SD, SMP, SMA.

Perkiraan awal pelaksanaan puasa Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi yang diperkirakan bulan Maret 2024 menjadi berita gembira yang dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia.

Bulan Ramadan, sebagai bulan kesembilan dalam kalender Hijriah, memiliki makna mendalam bagi umat Islam karena di dalamnya terdapat ibadah puasa yang diwajibkan, sebagaimana yang tercantum dalam Alquran, Surah Al-Baqarah ayat 183. 

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

BACA JUGA:Bulan Ramadhan Sebentar Lagi, Orang Tua Wajib Tahu Begini Cara Mengajarkan Anak Puasa Ramadhan

Dalam kurun waktu sebulan penuh, umat Islam menjalani ibadah puasa dengan menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga matahari terbenam.

Aktivitas ini bukan hanya sekadar menahan diri dari makan dan minum, melainkan sebuah pengendalian diri, peningkatan kesabaran, dan spiritualitas yang mendalam.

Pentingnya bulan Ramadan juga ditegaskan dalam Surah Al-Baqarah ayat 185:

"Shahru Ramadhan, yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir pada bulan itu, hendaklah dia berpuasa."

Pertanyaan yang sering muncul di kalangan umat Islam adalah, kapan tepatnya awal puasa Ramadan dan Idul Fitri di tahun 2024?

BACA JUGA:Apa saja Mandi Sunnah Sebelum Ramadhan dan Mandi Wajib saat Ramadhan?

Informasi resmi dan jelas mengenai jadwal ini sangat penting, karena mengacu pada hisab haqiqi dan penentuan hilal.

Jadwal Puasa Ramadan-Idul Fitri versi Muhammadiyah dan Pemerintah menjadi acuan bagi umat Islam di Indonesia untuk menentukan awal ibadah puasa, jadwal libur bagi anak sekolah dan merayakan Idul Fitri secara bersama-sama.

1. Awal Puasa Ramadan 2024 Menurut Muhammadiyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: