Iklan dempo dalam berita

Atasi Harga Beras Naik, DKP Seluma Gelar Operasi Pasar, Simak Tanggalnya

Atasi Harga Beras Naik, DKP Seluma Gelar Operasi Pasar, Simak Tanggalnya

--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Seluma tengah berupaya mengatasi kenaikan harga beras menjelang bulan Ramadhan 1445 Hijriah, dengan wacana menggelar operasi pasar dalam waktu dekat ini.

 

Ini lantaran harga beras di pasaran yang ada di Kabupaten Seluma kelas medium dengan harga eceran tertinggi (het) Rp.14.000/kg atau Rp21.000 per cupak, sedangkan beras premium saat ini seharga Rp15.300/kg atau Rp23.000/kg.

 

Kondisi ini tak hanya membuat kalangan masyarakat menengah ke bawah, memilih mengurangi takaran beras yang biasa dibeli.

BACA JUGA:Cara Cerdas Bayar Utang Pinjol Sampai Tuntas, Anti Galbay dan Selamat dari Teror Debt Collector

Selain itu, adanya kenaikan beras ini juga berimbas terhadap para pedagang kuliner yang ada di Kabupaten Seluma, yang berinisiatif harus menaikan harga makanan, atau mengurangi takaran jualan mereka.

 

Kepala DKP Kabupaten Seluma, Amri mengatakan salah satu BUMN Badan Urusan Logistik (Bulog) Provinsi Bengkulu, saat ini tengah fokus mendistribusikan beras bantuan pangan sebanyak 160,7 ton untuk 16.070 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BACA JUGA:Kredit Rush DP 100 Juta, Berapa Lama Tenor dan Besaran Angsuran Per Bulan untuk Memilikinya?

Untuk kebutuhan pokok selama sebulan yang dikeluarkan Bulog, total beras yang dikeluarkan hanya 304,7 ton berupa bantuan pangan dan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), sedangkan idealnya untuk kebutuhan beras SPHP 423,25 ton seminggu, atau 1.693 ton. 

 

Di Kabupaten Seluma ini ada tercatat 36 pengecer beras SPHP mitra Bulog, yang hanya mendapatkan 144 ton per bulannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: