Iklan dempo dalam berita

Mengenal Unhan, Apakah Universitas Pertahanan Termasuk Ikatan Dinas atau Sekolah Kedinasan? Ini Penjelasannya

Mengenal Unhan, Apakah Universitas Pertahanan Termasuk Ikatan Dinas atau Sekolah Kedinasan? Ini Penjelasannya

Apakah Universitas Pertahanan termasuk ikatan dinas?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM- Mengenal Unhan, apakah Universitas Pertahanan termasuk ikatan dinas atau sekolah kedinasan? Begini penjelasannya.

Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan), atau Indonesia Defence University (IDU), diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 Maret 2009 di Istana Negara.

Secara akademik, Unhan dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sementara secara fungsional dibina oleh Kementerian Pertahanan. 

Pembinaan teknik akademik meliputi penentuan program studi pendidikan, kurikulum, kemahasiswaan, proses belajar mengajar, hingga wisuda, sedangkan pembinaan teknis fungsional meliputi pembinaan organisasi, pembinaan personel, dan dukungan administrasi.

BACA JUGA:Unhan Banyak Jadi Incaran, Ini Daftar Jurusan S1 dan S2 Univeritas Pertahanan

Unhan merupakan lembaga pendidikan tinggi terbuka, memberikan kesempatan bagi perwira TNI serta sipil untuk belajar dan memperdalam ilmu pertahanan.

Awalnya, Unhan merupakan program khusus di Seskoad (Sekolah Komando Angkatan Darat), tetapi pada tahun 2006, Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso, yang saat itu menjabat sebagai KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat), memberi tugas kepada Komandan Seskoad Mayjen TNI Syarifudin Tippe untuk membuat kursus strategi perang semesta.

Kursus inilah yang menjadi cikal bakal pendirian universitas yang mempelajari ilmu pertahanan.

Gagasan memiliki universitas di bidang pertahanan juga dimiliki oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang kemudian diwujudkan dengan resmi melalui pendirian Unhan. 

BACA JUGA:Sama-sama Jadi TNI Pangkat Letda, Ini Perbedaan Lulusan Unhan dan Akmil

Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan kekuatan institusi, Unhan menjadi institusi pendidikan yang strategis dalam menghasilkan pemimpin dan tenaga ahli di bidang pertahanan untuk masa depan Indonesia.

Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan), yang berlokasi di Kawasan Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul Bogor, menjadi pusat pendidikan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan untuk tingkat S1, S2, dan S3.

Saat ini, kepemimpinan Unhan dipegang oleh Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, M.Sc., DESD., ASEAN Eng.

Beragam fakultas ada di Unhan, termasuk Fakultas Kedokteran Militer, Farmasi Militer, MIPA Militer, Teknik Militer, Strategi Pertahanan, Manajemen Pertahanan, Keamanan Nasional, Teknologi Pertahanan, dan Ilmu Pertahanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: