Iklan dempo dalam berita

Ini Syarat Wajib yang Harus Dipenuhi agar Puasa Diterima dan Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Ini Syarat Wajib yang Harus Dipenuhi agar Puasa Diterima dan Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Syarat wajib puasa yang harus dipenuhi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini syarat wajib yang harus dipenuhi agar puasa diterima dan mendapat pahala berlipat ganda.

Puasa merupakan salah satu kewajiban agama dalam Islam yang tidak hanya mencerminkan ketaatan kepada Allah SWT, tetapi juga menjadi cara untuk mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipat ganda. 

Selain menjaga kesehatan fisik dengan mengatur pola makan dan istirahat, puasa juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental dengan meningkatkan kesadaran diri, disiplin, dan kontrol diri.

Namun, agar puasa kita diterima oleh Allah SWT dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, kita harus memenuhi syarat-syarat wajib puasa.

BACA JUGA:Tidak Puasa karena Haid Apakah Harus Bayar Fidyah? Begini Penjelasan dan Ketentuannya

Di dalam kitab-kitab fikih, para ulama telah melakukan berbagai kajian tentang syarat-syarat yang mewajibkan seseorang untuk mengerjakan puasa Ramadhan.

Berikut syarat wajib puasa

1. Beragama Islam

Dalam hal ini ada sedikit perbedaan antara ulama Al-Hanafiyah dan Jumhur ulama. Al-Hanafiyah memandang bahwa status keislaman merupakan syarat wajib, sedangkan dalam pandangan jumhur ulama mengatakan bahwa status keislaman adalah syarat sah.

Namun secara garis besar, syarat wajib puasa Ramadhan adalah beragama Islam.

2. Baligh

Anak-anak kecil tidak memiliki kewajiban untuk menjalankan puasa Ramadhan. Namun sebagai orang tua, wajib hukumnya mengajarkan dan memperkenalkan puasa kepada anak-anaknya.

BACA JUGA:Apakah Puasa Tetap Sah Jika tidak Sahur? Begini Penjelasannya, Simak juga Keutamaan Makan Sahur Bulan Ramadhan

3. Berakal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: