Iklan dempo dalam berita

Penting untuk Diketahui! Ini 10 Perbuatan yang Dapat Membatalkan Puasa

Penting untuk Diketahui! Ini 10 Perbuatan yang Dapat Membatalkan Puasa

Perbuatan yang bisa membatalkan puasa--

Ada beberapa penyebab air mani keluar atau sperma, misalnya onani hingga bermesraan dengan orang lain meski tidak berhubungan badan.

Jika dilakukan dengan sengaja maka akan membatalkan puasa. Namun saat mimpi basah karena kondisi tidak sadar puasa masih dianggap sah.

4. Memasukkan Obat ke Dubur dan Qubul

Jika seseorang menjalani pengobatan dengan memasukkan obat ke salah satu dari dua jalan qubul dan dubur maka akan membatalkan puasa. Misalnya penderita ambeien atau penyakit lain yang memungkinkan menggunakan kateter urine.

BACA JUGA:Salah Satu HP Kelas Menengah Atas, Ini Spesifikasi Poco F5 dengan Snapdragon 7+ Gen 2

5. Melakukan Kegiatan Membatalkan Puasa

Puasa juga dianggap tidak sah jika melakukan adu domba, berbohong, berbicara kotor, riya, membuat sumpah palsu. Mereka yang melakukan kegiatan tersebut juga akan kehilangan pahala puasa.

6. Berbuka Puasa dengan Sesuatu yang Haram

Berbuka puasa dengan makanan atau minuman haram juga akan membatalkan puasa. Selain pahala puasa yang hilang, dampaknya juga akan membuat ibadah selanjutnya menjadi terasa berat.

7. Murtad

Murtad adalah seseorang yang keluar dari agama Islam. Ketika seseorang yang tengah berpuasa melakukan hal-hal yang sifatnya mengingkari keesaan Allah SWT atau mengingkari hukum syariat yang telah disepakati ulama, maka puasa orang tersebut langsung batal.

BACA JUGA:Tabel KUR BNI 2024 Pinjaman Rp 25-50 Juta Cicilan Ringan, Segera Lengkapi Syarat Pengajuan Berikut Ini

8. Makan dan Minum

Memasukkan sesuatu berupa makanan, minuman, maupun benda lainnya ke dalam tubuh melalui lubang yang berpangkal pada organ bagian dalam (jauf) seperti mulut, telinga, dan hidung dalam keadaan sengaja maka dapat membatalkan puasa.

Akan tetapi, jika perbuatan tersebut dilakukan tanpa kesengajaan atau lupa, maka tidak membatalkan puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: