Iklan dempo dalam berita

Modus Pinjol Ilegal saat Bulan Ramadhan, Jangan Sampai Kena Tipu, Ini Cara Menghindarinya

Modus Pinjol Ilegal saat Bulan Ramadhan, Jangan Sampai Kena Tipu, Ini Cara Menghindarinya

Modus penipuan pinjol ilegal--

3. Pilih Pinjol yang Sudah Terdaftar di OJK

Selain terdaftar, tentunya juga diawasi oleh OJK agar hak dan kewajiban peminjam dapat dilindungi. Jika terdapat masalah, kamu bisa melapor dan hakmu sebagai nasabah akan dilindungi.

4. Mengenali Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjol Lewat SMS

- Nomor SMS tidak dikenal atau diketahui dengan jelas. Biasanya memiliki banyak digit karena jika yang asli, memiliki 3-6 digit angka sesuai operatornya.

BACA JUGA:Hati-hati Ancaman Pinjol Ilegal! Begini Cara Melaporkan Pinjol Ilegal yang Mengancam

- Tidak mempunyai persyaratan yang jelas. Tidak punya website resmi atau aplikasi yang mudah ditemukan di Google Playstore.

- Informasi perusahaan juga tidak jelas. Pinjol ilegal sering menyembunyikan identitas mereka. Pastikan untuk selalu melihat identitas perusahaan dengan lengkap.

Dari penjelasan di atas, selalu berhati-hatilah pada modus penipuan pinjol yang telah disebutkan. Lebih atur keuangan dengan bijak menjelang bulan Ramadhan.

Sebagai tambahan, informasi terdapat tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk melaporkan pinjol ilegal.  Berikut di bawah ini caranya:

BACA JUGA:Tabel Pinjaman KUR BRI 2024 Terbaru Rp 65 Juta Proses Cair Cepat, Cicilan Bulanan Mulai Rp1,4 Jutaan

1. Lapor ke Polisi 

Cara pertama yaitu dengan melaporkannya ke polisi. Anda bisa langsung mendatangi kantor polisi terdekat, dan nantinya pihak kepolisian akan memproses laporan yang Anda buat. 

Polisi akan mencari pelaku pinjaman untuk diperiksa, dan jika cukup bukti maka bisa melakukan penangkapan langsung. Polisi juga akan memproses kasus tersebut melalui jalur hukum untuk membuat efek jera. 

Selain melapor langsung ke kantor polisi, Anda juga bisa melapor secara online dengan mengakses situs https://patrolisiber.id atau melapor ke alamat email [email protected]

2. Lapor ke OJK 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: