Iklan dempo dalam berita

Apakah Memotong Kuku Membatalkan Puasa? Yuk Simak Penjelasannya di Sini

Apakah Memotong Kuku Membatalkan Puasa? Yuk Simak Penjelasannya di Sini

Apakah memotong kuku membatalkan puasa?--

2. Imam An-Nawawi

Imam An-Nawawi berpendapat, cara memotong kuku yang dimaksud hadis tersebut yaitu dimulai dari jari telunjuk lalu jari tengah hingga jari kelingking kemudian baru ibu jari tangan kanannya.

Sedangkan pada tangan kiri dimulai dari jari kelingking, lalu jari manis kemudian jari tengah. Berikutnya jari telunjuk, dan berakhir pada ibu jari tangan kiri.

Memotong kuku juga sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun terdapat waktu-waktu tertentu yang dianjurkan.

Memotong kuku merupakan salah satu amalan utama yang dianjurkan dikerjakan di hari Jumat. Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, "Imam Syafii dan para ulama mazhab Syafiiyah rahimahumullah menegaskan dianjurkannya memotong kuku dan mencukur rambut-rambut di badan (kumis dan bulu kemaluan) pada hari Jumat." (Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab, 1:287).

BACA JUGA:Tabel Cicilan KUR BCA Terbaru Pinjaman Rp 25 -Rp 50 Juta, Tenor 1-5 Tahun dengan Suku Bunga 0,5 Persen

Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah juga pernah memberikan keterangan, "Imam Ahmad bin Hanbal pernah ditanya tentang memotong kuku. Beliau menjawab, 'Dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat, sebelum matahari tergelincir.

Demikianlah ulasan untuk menjawab pertanyaan apakah memotong kuku dapat membatalkan puasa dan jawabannya tentu tidak sebagaimana yang telah dijelaskan didalam artikel diatas.

Perlu diingat, memotong kuku sangat dianjurkan bahkan ada hari tertentu serta urutan memotong kuku sebagaimana sunah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat.

 

Tianzi Agustin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: