Iklan dempo dalam berita

Dulu Ramai dan Banyak Bule, Kini Kabupaten di Bengkulu Ini Paling Sepi

Dulu Ramai dan Banyak Bule, Kini Kabupaten di Bengkulu Ini Paling Sepi

Pertumbuhan penduduk Kabupaten Lebong paling rendah di Provinsi Bengkulu--

 

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Mau tahu kabupaten mana di Provinsi Bengkulu yang paling sedikit penduduknya, silakan ikuti informasi ini. Seperti data jumlah penduduk 2023 Provinsi Bengkulu dari bps.go.id, dari 9 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Bengkulu, ternyata yang penduduknya paling sedikit yakni Kabupaten Lebong.

Jumlah penduduknya tahun 2023 sebanyak 107.694 jiwa. Penambahan jumlah penduduk dari tahun 2022 ke tahun 2023, juga paling sedikit dibanding kabupaten dan kota, hanya 445 jiwa. Tahun 2022 sebanyak 107.248 jiwa. Namun walaupun penduduknya sedikit, pembangunan terus digencarkan oleh pemerintah setempat.

BACA JUGA:Penduduk Bengkulu 2023 Bertambah 26.791 Jiwa, Terbanyak di Daerah Ini

Padahal dulu Kabupaten Lebong cukup ramai. Tak hanya dihuni pribumi, juga orang Belanda. Kabupaten Lebong disebut kota tua, karena dilihat dari struktur dan kondisi kota yang ada di Kabupaten Lebong saat ini terlihat jelas bahwa Lebong merupakan kota tua, seperti adanya peninggalan penambangan emas dari zaman penjajahan Belanda, dan dari bentuk arsitektural bangunan yang ada. 

Selain itu pola tata ruang Lebong menunjukan kota tersebut hasil karya peninggalan konsep tata ruang bangsa Belanda. Di Kabupaten Lebong ini terdapat sumber daya alam berupa tambang emas, dan tambang emas tersebut menjadikan ketertarikan pemerintah Hindia Belanda untuk mendirikan kota di Lebong tepatnya di daerah Muara Aman.

BACA JUGA:LOWONGAN, BPS Butuh 1.952 Petugas Sensus, Ini Syarat dan Besaran Gajinya

Beberapa peninggalan tambang emas tua di Kabupaten Lebong sampai saat ini masih difungsikan dan diekplorasi baik secara semi modern atau secara tradisional. Namun sayang bangunan-bangunan sejarah seperti di Desa Tambang Sawah tinggal puing saja, yang merupakan saksi bisu bahwa Lebong merupakan kota tua. 

Kejayaan Kabupaten Lebong sebagai daerah yang memiliki potensi alam dan sumber daya mineral sudah dikenal sejak zaman dahulu, semenjak kolonial Belanda ada di Indonesia, bukti-bukti kejayaan tersebut sampai sekarang masih terlihat dari sisa–sisa peninggalan tambang emas tua di Kabupaten Lebong. 

BACA JUGA:Ada Lowongan Petugas Sensus, Kuota di Kabupaten Ini Terbanyak

Beberapa sisa-sisa peninggalan tambang emas tersebut sampai sekarang masih dimanfaatkan oleh masyarakat, dan diexplorasi oleh pihak swasta dengan izin dari Pemerintah Kabupaten Lebong, seperti yang terdapat di tambang emas Lubang Kacamata.

Ibukota adalah Kecamatan Tubei. Kabupaten ini, seperti dirilis dari Wikipedia, merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Rejang Lebong, dengan dasar hukum UU No. 39 Tahun 2003. 

BACA JUGA:Digaji Rp 5.000.000, Kerja Petugas Sensus BPS Tidak Berat

Secara administratif terdiri atas 12 Kecamatan dengan 11 kelurahan dan 100 desa. Padang Bano yang bersengketa dengan Kabupaten Bengkulu Utara dalam beberapa kesempatan dianggap sebagai kecamatan ketiga belas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: