Iklan dempo dalam berita

Bacaan Dzikir Bulan Ramadhan dan Keutamaannya, Salah Satunya Mendapat Pengampunan Allah SWT

Bacaan Dzikir Bulan Ramadhan dan Keutamaannya, Salah Satunya Mendapat Pengampunan Allah SWT

Bacaan dzikir bulan ramadhan dan keutamaannya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bacaan dzikir bulan ramadhan dan keutamaannya, salah satunya mendapat pengampunan Allah SWT.

Berdzikir di bulan Ramadhan bisa dibaca kapan saja seperti saat sahur, setelah salat dzuhur, menunggu buka puasa hingga malam hari. Bulan Ramadhan bisa dibilang sebagai waktu yang tepat untuk beribadah dan memupuk pahala. 

Bacaan zikir yang paling utama dan menjadi wajib bagi semua muslim adalah kalimat “Laa Ilaaha Illallaah”. Sementara doa yang paling utama untuk dilantunkan sebagai zikir adalah “Alhamdulillah”.

BACA JUGA:CPNS 2024, Berikut 7 Dokumen yang Wajib Disiapkan Untuk Pelamar Lulusan SMA Hingga Sarjana

Zikir juga diperintahkan dalam Alquran, tepatnya ada di surat Al Ahzab ayat 41

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (Yā ayyuhallażīna āmanużkurullāha żikrang kaṡīrā)

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya."

HR.Ahmad dan Tirmidzi pun meriwayatkan, suatu ketika ada orang bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, amalan apakah yang paling utama?” 

Beliau menjawab, “Engkau berpisah dari dunia dalam keadaan lisanmu basah dengan berzikir pada Allah.”

Berikut dzikir yang bisa dibaca saat bulan Ramadhan: 

1. Membaca Istigfar Kalimat istigfar "Astagfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa'atubuubuh ilahii" mudah dilafalkan dan bisa dibaca 100 kali dalam sehari ketika memohon ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang telah kita perbuat. Selain meminta ampunan, istigfar juga sebagai penyempurna taubat. 

BACA JUGA:Kiat Lulus Tes CPNS 2024, Segera Dibuka Minggu ke-3 Maret 2024

2. Membaca Kalimat Tasbih Lafal tasbih "Subhanallah" yang artinya maha suci Allah dianjurkan dibaca sebanyak 33 kali. Kemudian ditutup dengan “Lafal laa ilaaha illalaah laa syariika lahu lahul maulku wa lahul hamdu wa huwa’alaa kulli syai’in qadiir” sebanyak satu kali.

3. Membaca Takbir Mengucapkan kalimat takbir “Allahu Akbar” merupakan seruan atas kebesaran Allah SWT yang bisa diucapkan oleh umat Islam. Kalimat ini bisa jadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ketika dzikir, Anda bisa membaca takbir sebanyak 10 kali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: