Iklan dempo dalam berita

Bacaan Dzikir Bulan Ramadhan dan Keutamaannya, Salah Satunya Mendapat Pengampunan Allah SWT

Bacaan Dzikir Bulan Ramadhan dan Keutamaannya, Salah Satunya Mendapat Pengampunan Allah SWT

Bacaan dzikir bulan ramadhan dan keutamaannya--

4. Membaca Tahmid Bacaan tahmid "Alhamdulillah" memiliki arti “Segala Puji Bagi Allah SWT”. Biasanya diucapkan setelah selesai melaksanakan salat dan pengajian. Sering juga diucapkan ketika mendapatkan kesehatan, keberuntungan, rezeki dan lainnya. Saat berdzikir, kalimat tahmid bisa dibaca sebanyak 33 kali. 

5. Membaca Salawat Nabi Membaca salawat Nabi “Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammadin wa'alaa aali sayyidinaa Muhammad" terbanyak dibaca sebanyak 700x setiap hari dan 700x setiap malam. Namun ada juga yang membacanya 350 kali setiap hari dan 750 kali setiap malam. 

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2024 Dibuka Maret, Berikut Cara Buat Akun SSCASN Online

6. Membaca Kalimat Tahlil Kalimat tahlil "Lailaha Illallah" pada dasarnya merupakan kalimat dzikir. Kalimat ini bisa dibaca sebanyak 100 kali setiap hari. Jika Anda membacanya sebanyak 100 kali dalam sehari maka sama halnya dengan membebaskan 10 orang budak dan dicatat sebagai 100 buah kebaikan.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan dzikir di bulan Ramadhan yang perlu Anda ketahui.

1. Senantiasa Diingat oleh Allah SWT

Selain membuat kita selalu mengingat Allah SWT, berdzikir juga akan membuat Allah SWT mengingat kita. Firman ini tercantum dalam QS Al Baqarah ayat 152 yang artinya, “Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku pun ingat kepadamu. Dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku.”

2. Dikeliling oleh Malaikat, Mendapat Rahmat, dan Ketenangan Jiwa

Dalam HR At-Tirmidzi, Muslim, dan Ahmadi disebutkan bahwa, “Jika ada suatu kaum yang duduk untuk berdzikir kepada Allah SWT, niscaya para malaikat akan mengelilingi mereka, mereka pun diberi rahmat dan diturunkan ketenangan jiwa untuk mereka. Dan Allah pun menyebut mereka kepada orang-orang yang berada di sisi-Nya.”

3. Mendapat Pengampunan Atas Segala Dosanya

Semua manusia pasti pernah berbuat salah dan khilaf. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita memohon ampun dengan cara berdzikir kepada Allah SWT. Dalam QS. Al Ahzaab ayat 35 disebutkan bahwa “Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut nama Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

BACA JUGA:9 Instansi yang Diprediksi Membuka Formasi CPNS 2024 Bagi Lulusan SMA/SMK Sederajat

Beberapa amalan dzikir yang dianjurkan saat bulan Ramadhan antara lain sebagai berikut.

1. Dzikir ketika melihat hilal

Saat melihat hilal pertama bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk berdzikir dan bersyukur kepada Allah SWT atas datangnya bulan suci ini. Dzikir ini merupakan ungkapan syukur atas karunia Allah dan kesempatan untuk beribadah di bulan penuh berkah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: