Iklan dempo dalam berita

Di BBI Kolam Air Deras Belumai Bukan Ikan yang Berkembang Biak

Di BBI Kolam Air Deras Belumai Bukan Ikan yang Berkembang Biak

Di BBI Kolam Air Deras Belumai Bukan Ikan yang Berkembang Biak--

REJANG LEBONG, RBTVCAMKOHA.COM - Balai Benih Ikan Kolam Air Deras yang berada di Desa Belumai 1 Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong terbengkalai, bahkan sudah Enam tahun  Balai Benih Ikan yang dulunya beromset miliaran rupiah pertahun ini sudah tidak terurus.

BACA JUGA:Gratis, Disiapkan Ribuan Bibit Ikan Lele, Ikan Mas serta Nila, Syaratnya Ini

Di Balai Benih Ikan ini, terdapat 42 unit kolam air deras yang saat ini bukannya ikan yang berkembang biak, melainkan rumput tumbuh dengan suburnya.

Penuturan Muchtar warga desa Belumai, kolam Balai Benih Ikan ini sebelumnya dikelola oleh masyarakat dengan membentuk dua kelompok perikanan, dan kelompok ini terakhir mengelola ditahun 2015.

BACA JUGA:Ada Bantuan Benih Padi dan Jagung, Dibagikan seusai Lebaran

Dengan total luas setengah hektare, area Balai Benih Ikan ini memanfaatkan aliran sungai Belumai 1 sebagai air untuk mengisi kolam.

Bahkan hasil panen saat dilakukan pengelokaah bisa mencapai 30 ton, dan perputaran uangnya berkisar Rp 15 sampai 20 miliar per tahun.



Melihat kondisi yang sangat memprihatinkan tersebut, warga berharap pengelolaan BBI ini bisa diserahkan kepada masyarakat desa belumai 1 melalui Badan Usaha Milik Desa.

Selain bisa menunjang perekonomian masyarakat sekitar, juga bisa memberikan pendapatan asli daerah bagi pemerintah daerah.

BACA JUGA:Petani Sayur di Rejang Lebong Beralih Tanam Ini, Harga Jualnya Menjanjikan

Balai benih Ikan Kolam Air Deras yang berada di Desa Belumai 1 Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong, diresmikan tahun 2008 oleh Suherman yang saat itu menjabat sebagai Bupati Rejang Lebong.

BACA JUGA:Usaha Peternakan Sarang Burung Walet hanya Boleh di 4 Kecamatan Ini


Handril Waldinata
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: