Iklan dempo dalam berita

Ternyata Ini Penyebab Ruang Angkasa Gelap Meskipun Ada Matahari

Ternyata Ini Penyebab Ruang Angkasa Gelap Meskipun Ada Matahari

Penyebab ruang angkasa gelap walaupun ada matahari--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ternyata ini penyebab ruang angkasa gelap meskipun ada matahari.

Pertanyaan tentang mengapa luar angkasa gelap meskipun terdapat Matahari dan cahaya bintang sering muncul. Namun, ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho. Yuk, simak penjelasannya di artikel ini.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, penting untuk memahami definisi ruang angkasa. Ruang angkasa merupakan wilayah yang sangat luas tanpa batas di luar atmosfer Bumi, berupa ruang kosong yang meluas ke segala penjuru tanpa akhir. 

BACA JUGA:Kenapa Satelit Tidak Jatuh Meski Meski Terus Mengorbit di Ruang Angkasa? Begini Penjelasannya

Istilah "luar angkasa" juga merujuk pada bagian yang relatif kosong dari jagad raya, di luar atmosfer dari benda-benda langit atau benda angkasa lainnya. Selain itu, istilah ini digunakan untuk membedakannya dari ruang udara dan lokasi terrestrial. 

Untuk menambah pemahaman, lokasi terrestrial mengacu pada kelompok planet yang memiliki sifat "kebumian".

Dari pengertian di atas, diketahui bahwa luar angkasa adalah wilayah kosong tanpa adanya ruang udara maupun atmosfer. Hanya ada sejumlah kecil gas dan debu kosmik pada volume tertentu, namun tidak ada atmosfer.

BACA JUGA:Tabel Angsuran KSM Mandiri 2024 Plafon Rp 25 dan Rp 50 Juta, Ini Syarat Lengkap Pengajuan Pinjaman

Sedangkan matahari adalah salah satu bintang paling dekat dengan bumi. Aktivitas dan pengaruh matahari sangat besar terhadap kehidupan umat manusia.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan penyebab ruang angkasa selalu gelap meski ada matahari.

Menurut Peneliti Astronomi dan Astrofisika BRIN, Thomas Djamaluddin, dalam keterangan yang diberikannya saat dihubungi di Jakarta pada hari Minggu, 17 Maret, ia menjelaskan bahwa dalam ruang angkasa, tidak ada atmosfer yang dapat menyebarkan cahaya matahari ke ruang tersebut. 

Oleh karena itu, matahari, bulan, dan bintang-bintang dapat tampak berdampingan tanpa terpengaruh oleh atmosfer. 

BACA JUGA:Cara Cek BSU 2024 dengan Link, Pastikan Nama Kamu Dapat Uang Rp 600 Ribu Gratis

Ruang angkasa merupakan suatu tempat yang hampa dan tidak memiliki medium seperti atmosfer untuk menyebarkan cahaya bintang atau matahari, sehingga memungkinkan kita untuk melihat benda langit tersebut dengan jelas tanpa gangguan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: