Iklan dempo dalam berita

Berani Tidak Puasa? Ini Hukuman Bagi Orang yang Tidak Puasa Ramadhan

Berani Tidak Puasa? Ini Hukuman Bagi Orang yang Tidak Puasa Ramadhan

Hukuman bagi orang yang tidak menunaikan puasa ramadhan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Berani Tidak puasa? Ini hukuman bagi orang yang tidak puasa ramadhan.

Puasa Ramadan adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim. Hal itu juga kemudian ditegaskan dalam rukun Islam yang mengharuskan berpuasa bagi yang mampu.

Namun bagaimana dengan orang yang dengan sengaja tidak berpuasa di bulan Ramadhan, apakah ada hukumannya? Untuk mendapatkan jawabannya yuk, simak artikel ini hingga akhir.

BACA JUGA:Mudik Pakai Mobil Listrik Ngga Usah Bingung Isi Baterai, Ini Daftar Lokasi SPKLU Tol Trans Sumatera untuk Mudi

Dalil kewajiban puasa Ramadan bersandar pada firman Allah SWT dalam surah Al Baqarah ayat 183,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Allah SWT juga berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 185.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ ١٨٥

Artinya: "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur."

BACA JUGA:Cara Cek BI Checking Online, Paling Gampang Bisa dengan 6 Cara Ini, Lengkapi Juga Syaratnya

Hukuman orang yang tidak berpuasa Ramadhan ialah mendapatkan dosa besar. Karena begitu besarnya dosa bagi orang yang sengaja meninggalkan puasa tanpa ada uzur, Rasulullah SAW mengancam orang-orang tersebut dengan ancaman berat, yaitu tidak dapat mengganti satu hari puasa yang ditinggalkannya walaupun ia berusaha membayarnya seumur hidup.

Hal ini turut dikatakan Sayyid Sabiq dalam Kitab Fiqih Sunnah dengan bersandar pada riwayat Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa tidak berpuasa sehari saja di bulan Ramadan, tanpa ada alasan atau tanpa mengalami sakit, maka dia tidak bisa menggantinya dengan puasa sepanjang masa, meski dia melakukannya." (HR Bukhari dan Muslim) Ibnu Mas'ud juga mengatakan demikian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: