Iklan dempo dalam berita

Cara Elegan Menghadapi Teror Debt Collector Pinjol, Ada 6 Langkah Agar Teror Hilang

Cara Elegan Menghadapi Teror Debt Collector Pinjol, Ada 6 Langkah Agar Teror Hilang

Cara Elegan Menghadapi Teror Debt Collector Pinjol, Ada 6 Langkah Agar Teror Hilang--Foto: ist

1. Jangan Menambah Hutang

Jangan mencari dan mengambil hutang lainnya merupakan langkah pertama yang harus dilakukan ketika tidak mampu membayar hutang. Meskipun tergoda untuk melakukan hal tersebut agar bisa membayar atau menutup hutang sebelumnya, namun tindakan ini justru akan membuat masalah semakin besar. Jangan mencari solusi sementara dengan cara memperburuk masalah yang ada. Meskipun terdapat tekanan dari DC Pinjol, tetaplah fokus menyelesaikan hutang yang ada.

2. Buat Rincian Hutang

Untuk mengatasi hutang di beberapa aplikasi Pinjol, sebaiknya buatlah daftar hutang yang harus dibayar dengan mencatat nominal dan waktu jatuh tempo. Hal ini akan memudahkan kamu untuk menentukan prioritas pembayaran. Sebaiknya kamu memprioritaskan hutang dengan nominal yang lebih kecil atau sesuai dengan kemampuanmu, sehingga lebih mudah untuk diselesaikan.

BACA JUGA:20+ Aplikasi Pinjol Tanpa DC Lapangan dan Resmi OJK, Cocok Untuk Modal Lebaran 2024

3. Respon DC ketika menghubungi

Saat DC Pinjol menagih melalui telepon atau pesan, sebaiknya tanggapi dan jangan mengabaikan. Hal ini dilakukan untuk mencegah DC menghubungi orang lain yang tercantum dalam kontak darurat. Jika DC menagih lewat orang lain, situasinya akan semakin sulit. Tunjukkan sikap sopan dan tenang, sampaikan bahwa kamu berinisiatif untuk melunasi hutang meskipun belum mampu.

Terkadang, DC dapat menggunakan kata-kata kasar yang dapat membuatmu merasa emosi atau takut. Jika DC mengancam akan datang ke rumah, jangan takut dan persilahkan mereka datang. Kamu dapat menjawab dengan kalimat “Saya tunggu di rumah”. Hal ini dapat memudahkan untuk bernegosiasi dengan DC.

BACA JUGA:Pengajuan Pinjol Marak Jelang Lebaran, Pahami Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal Agar tidak Terjebak

4. Buat perjanjian dengan DC

Jika Anda belum bisa membayar utang di waktu yang sudah ditentukan, jangan lupa untuk membuat perjanjian kepada DC kapan tepatnya Anda bisa membayar pinjaman. Usahakan waktu, hari dan jam yang dijanjikan kepada DC cukup jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Selain itu, perhitungkan juga dengan tepat bahwa di hari tersebut Anda sudah benar-benar bisa mengumpulkan uang sesuai dengan nominal yang harus dibayarkan.

5. Nego dengan DC Lapangan

Jika ada penagih hutang (DC) datang ke rumah, ini adalah kesempatan bagus untuk melakukan negosiasi. Lebih baik melakukan proses negosiasi secara langsung daripada melalui telepon atau chat. DC pinjol bukanlah preman yang hanya menagih hutang.

BACA JUGA:Mudik Lebaran Pakai Dana Pinjol Syariah Tanpa Riba dan Resmi OJK, Berikut 5 Rekomendasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: