Iklan dempo dalam berita

Cara Daftar Bansos 2024, Bisa Secara Online Melalui Hp, Ini Syarat dan Status Penerima

Cara Daftar Bansos 2024, Bisa Secara Online Melalui Hp, Ini Syarat dan Status Penerima

syarat dan cara daftar penerima bansos 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Cara daftar bansos 2024, bisa secara online melalui Hp, ini syarat dan status penerima. 

Bantuan Sosial (Bansos) adalah program pemerintah yang memiliki tujuan utama untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Program ini di Indonesia terus berkembang dan mengalami perubahan sesuai dengan kondisi dan kebijakan yang berlaku.

BACA JUGA:Mudik Lebaran Lebih Mudah dan Irit, Berikut Daftar Program Mudik Gratis, Silakan Pilih

Bansos diperlukan karena adanya kondisi kebutuhan masyarakat yang tidak diperlukan, seperti kekurangan pangan, pendidikan, kesehatan, serta kekurangan sosial.

Pada tahun 2024, pemerintah Indonesia kembali mencairkan sejumlah bantuan sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. 

Ada banyak program bansos yang akan dicairkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) di tahun ini. Jadwal pencairan bansos tersebut akan dilakukan secara bertahap sepanjang tahun, dengan tahap pertama dimulai pada bulan Januari 2024.

Jenis-jenis Bansos yang Diberikan Pada Tahun 2024

1. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Program ini memberikan bantuan berupa uang tunai kepada keluarga yang membutuhkan, guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:Cek Daftar Lengkap Moda Kemenhub Mudik Gratis 2024 Naik Kapal, Bus dan Kereta Api

2. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) Program ini memberikan bantuan berupa kartu untuk pembelian bahan pangan pokok, seperti beras, minyak goreng, dan gula, di warung atau toko yang bekerja sama dengan pemerintah.

3. Program Keluarga Harapan (PKH) Program ini memberikan bantuan kepada keluarga miskin berupa uang tunai dengan syarat-syarat tertentu, seperti pemberian imunisasi dan kehadiran anak di sekolah.

4. Program Indonesia Pintar (PIP) Program ini memberikan bantuan berupa uang tunai kepada anak-anak dari keluarga miskin untuk biaya pendidikan, seperti seragam, buku, dan alat tulis.

5. Bantuan Sosial Tunai (BST) Program ini memberikan bantuan berupa uang tunai kepada masyarakat terdampak Covid-19 dan penerima bantuan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: