Iklan dempo dalam berita

Jangan Panik! Begini Cara Menghadapi Debt Collector Pinjol Datang ke Rumah

Jangan Panik! Begini Cara Menghadapi Debt Collector Pinjol Datang ke Rumah

Jangan Panik! Begini Cara Menghadapi Debt Collector Pinjol Datang ke Rumah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jangan panik! Begini cara menghadapi debt collector pinjol datang ke rumah.

Salah satu problem terbesar dalam bisnis pinjaman online atau pinjaman pada umumnya adalah kredit macet atau cicilan gagal bayar.

Tentu saja perusahaan Fintech sudah terlebih dahulu mengkalkulasi faktor risiko sebelum menentukan untuk meng-Acc pengajuan pinjaman seseorang. 

BACA JUGA:Debitur Pinjol Harus Pahami! Ini Aturan Baru Pinjol 2024 Tentang Debt Collector

Menggunakan Big Data atau Learning Machine yang dimiliki, mereka bisa dengan mudah menentukan mana debitur yang memiliki risiko tinggi dengan yang progresif. 

Belakangan ini, Masyarakat banyak di hebohkan jagat media sosial Indonesia. Pasalnya, terdapat salah satu platform pinjaman online atau Pinjol yang diduga menagih utang dengan menggunakan debt collector (DC) hingga membuat salah satu nasabahnya mengakhiri hidup.

BACA JUGA:Bolehkah Debt Collcetor Pinjol Menyita Barang? Begini Ketentuan Terbaru dari OJK

Lantas, apa yang harus dilakukan jika debt collector Pinjol datang ke rumah? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

Jika debt collector dari perusahaan pinjaman online (Pinjol) mendatangi rumah kamu, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk menghadapinya dengan baik dan aman:

1. Terima Kedatangan dengan Baik

Utamakan sikap sopan dan jangan merasa takut atau terintimidasi. Ingatlah bahwa nasabah harus membayar utangnya, dan tugas debt collector adalah menagih utang hingga lunas. Jangan menghindar atau bahkan lari dari tanggung jawab.

BACA JUGA:Hindari Kekerasan, Begini Cara Melaporkan Debt Collector ke Polisi

2. Tanyakan Identitas, Surat Tugas, dan Sertifikasi Debt Collector

Saat debt collector datang, mintalah identitasnya terlebih dahulu. Pastikan juga untuk meminta surat tugas dan sertifikasi resmi dari debt collector.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: